Prabowo Dampingi Presiden Resmikan Rumah Sakit TNI di Surabaya

Prabowo hadiri peresmian rumah sakit Tk. III Brawijaya dan RSAL Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal Surabaya

Surabaya, Dekannews - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua rumah sakit (RS) TNI bertempat di RS Tk. III Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10). 

Kedua rumah sakit tersebut adalah RS Tk. III Brawijaya dan RSAL Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal Surabaya. Prabowo mengatakan fasilitas kesehatan tersebut merupakan bagian dari pembangunan puluhan rumah sakit yang dicanangkan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Kemhan melalui program pembangunan infrastruktur sedang melakukan pembangunan 26 RS baru yang terdiri dari 16 RS TNI AD, 4 TNI AL, 6 TNI AU," kata Prabowo. 

Ia melanjutkan, pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas pada rumah sakit tersebut. Di antaranya menambah jumlah tempat tidur dan unit laboratorium. 

Prabowo berharap upaya yang dilakukan Kementerian Pertahanan dapat memberikan akses layanan kesehatan yang tidak hanya berlaku untuk prajurit, tapi juga masyarakat luas.

"Diharapkan dapat memberi akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang lebih luas, dan prajurit TNI," lanjut Prabowo. 

Peresmian dua rumah sakit tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Jokowi. Ia mengatakan, penambahan kapasitas rumah sakit sangat penting untuk menjamin kesehatan prajurit dan masyarakat umum. 

"Saya berpesan agar RS dengan fasilitas yang bagus dan lengkap ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani prajurit TNI dan seluruh lapisan masyarakat dengan pelayanan yang cepat, aman dan nyaman," ujar Jokowi. 

Melengkapi acara peresmian tersebut, Kementerian Pertahanan juga menggelar pasar rakyat di sepanjang jalan depan Makodam V/Brawijaya. Belasan ribu paket sembako murah dialokasikan untuk masyarakat sekitar. (tfk)