Populi Center: Elektabilitas Prabowo Capai 35,8% Ungguli Ganjar dan Anies

Joko Widodo dan Prabowo Subianto

Jakarta, Dekannews - Populi Center merilis hasil survei menuju Pilpres 2024, Senin (29/5). Hasilnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menempati urutan pertama bursa calon presiden (capres) pilihan masyarakat. 

Dalam survei tersebut, Prabowo unggul dari 10 nama lain yang disebut-sebut bakal meramaikan pesta politik tahun depan. Ia meraih dukungan sebesar 22,8% dan mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meraup  21,2% disusul dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapat 13,5%.

"Pada pertanyaan top of mind, Prabowo Subianto menjadi tokoh paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai presiden apabila pemilihan dilakukan hari ini," demikian penemuan Populi Center. 

Prabowo juga unggul atas Ganjar dan Anies dalam simulasi tiga nama yang paling dijagokan masyarakat untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo. 

Dalam kategori tersebut, elektabilitas Prabowo melambung di angka 35,8%. Ia unggul atas Ganjar yang mendapat 34,4% dukungan serta Anies yang mengisi posisi paling bawah dengan perolehan suara sebanyak 21,5%.

Selain menempati posisi puncak, survei Populi Center juga menunjukkan Prabowo sebagai sosok dengan tingkat akseptabilitas yang tinggi. Sebanyak 58,4% masyarakat menilai Ketua Umum Partai Gerindra tersebut sebagai capres paling tegas di antara dua nama lainnya. 

"Prabowo dianggap sebagai sebagai capres yang paling tegas dan paling berwibawa," tulis Populi Center. 

Lembaga tersebut menggelar survei selama 4-12 Mei 2023 yang melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia. (tfk)