Pemerintah Bisa Cegah Kenaikan Bahan Pokok Saat Ramdhan Jika Punya Cadangan Pangan

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi

Jakarta, Dekannews - Masyarakat dibuat heran dan bingung dengan fenomena kenaikan harga kebutuhan bahan pokok setiap menjelang bulan suci Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri. Mestinya pemerintah bisa mengatasi kenaikan harga pangan setiap puasa, karena tiap tahun menghadapinya.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi membeberkan secara gamblang kerap terjadinya tren lonjakan harga komoditas pangan menjelang puasa hingga sampai Lebaran Idul Fitri. Sebab menurut dia, sampai saat ini pemerintah belum mempunyai cadangan pangan di Indonesia guna menjaga stabilisasi ketersediaan stok pangan.

"Ya memang sampai saat ini belum punya cadangan pangan pemerintah. Makannya saya membangun itu ekosistemnya gitu, klo ekosistemnya belum baik belom bisa dikerjakan ga bisa," papar Arief di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Arief berpandangan, fenomena naiknya harga pangan saat puasa hingga lebaran akan tetap berlangsung atau pun terjadi jika pemerintah belum memiliki cadangan pangan.

"Jadi kenapa setiap tahun naik, karena cadangan pemerintah cadangan pangannya ga ada," tuturnya.

Arief menuturkan, cadangan pangan cukup penting dibuat pemerintah guna mengatasi lonjakan harga jelang puasa. Badan Pangan Nasional pun sudah mempunyai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2020 mengenai cadangan pangan pemerintah.

Pria kelahiran Palangkaraya tahun 1974 ini mengungkapkan, pembuatan cadangan pangan ini perlu adanya harmonisasi dengan kementerian terkait pendanaan dan untuk hal-hal lainnya.

Menurut dia, program cadangan pangan pemerintah perlu dipercepat supaya persoalan kenaikan harga pangan saat puasa yang dikeluhkan warga tak terus terjadi dan bisa teratasi.

"Kita nih sudah tahu 3 bulan itu perlu berapa, itu yang kita cadangkan 3 bulan. Sehingga harga 3 bulan itu bisa flat klo pun ada bunga 0,5 sampai 1 persen klo dari 1.000, 1 persen kan cuma berapa klo 100 cuma 1 perak. Maksud saya ini yang akan kita kerjakan dan harus dipercepat cadangan pemerintah," tutupnya. RED