PDIP Tuding Kunjungan Anies Ke Eropa Untuk Plesiran

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono. (Ist)

Jakarta, Dekannews -  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan  kunjungan ke sejumlah negara Eropa, yakni Inggris, Perancis, dan Jerman pada Selasa (10/5) kemarin.  

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menuding, perginya Anies ke negara-negara tersebut untuk berlibur atau Plesiran.   

Gembong menilai Tidak masuk akal bertolaknya Anies ke sejumlah negara itu untuk mengurusi pekerjaan. "Karena tidak tahu agenda lain kecuali MRT kan kesimpulannya jalan-jalan saja," ujar Gembong saat dihubungi awak media, Rabu (11/5).  

Sebab menurut anggota komisi A tersebut, kegiatan Anies ke Eropa untuk keperluan kerjasama terkait MRT bukan hal mendesak.  Lantaran, saat ini MRT sudah berjalan maksimal dan proyek fase 2 tengah dikerjakan.

"Jadi jkalau bicara soal MRT, menurut saya tidak ada yang urgent yang mesti dibahas untuk kerja sama baru," ungkapnya.  

Karena itu Gembong menambahkan,  agenda tersebut hanya kedok Aneis agar bisa jalan-jalan ke Eropa. "MRT itu sebagai agenda seolah-olah ada hal urgen yang harus dibahas antar negara-negara sahabat yang selama ini membangun kerja sama dengan Jakarta," kata dia.  

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi perihal kepergian Anies ke Eropa. Menurutnya, Anies akan pergi ke Inggris, Jerman, dan Prancis dalam rangka menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi. 

"Rencana besok malam (Selasa, 10 Mei 2022). Memang mau ada agenda ke Eropa, ke beberapa negara, di antaranya London [Inggris], Jerman, Paris [Prancis] dalam rangka pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi, termasuk pembiayaan MRT, tapi juga transportasi lainnya," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin malam (9/5). (Zat)