Operasi Ketupat 2023, 148 Ribu Petugas Gabungan Diterjunkan

Kadivhumas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho memberikan keterangan usai apel kesiapan Satgas Humas Polri mengawal Operasi Ketupat 2023

Jakarta, Dekannews - Ratusan ribu aparat dikerahkan untuk menjaga keamanan perayaan Idul Fitri 1444 H.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, sebanyak 148.126 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan Operasi Ketupat 2023.

Personel gabungan tersebut terdiri dari personel Mabes Polri, 91.153 polda jajaran, serta stakeholder terkait yang terdiri dari TNI, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Pelindo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kemenko Pemberdayaan Manusia dan kebudayaan (PMK).

"Ada posko pengamanan, ada posko pelayanan, ada posko terpadu yang semuanya itu ditempatkan pada tempat-tempat tertentu yang sudah dipilih oleh petugas," kata Sandi Nugroho kepada wartawan di Gedung Divisi Humas Polri, Rabu (12/4).

Sandi menjelaskan, nantinya ratusan ribu petugas gabungan tersebut akan disebar ke sejumlah lokasi seperti jalan raya, tempat ibadah, tempat wisata, rest area, hingga objek vital lainnya yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

"Jadi pada waktu mudik Lebaran, mereka pulang, kemudian melaksanakan salat Id, ramah tamah dengan keluarga, berikutnya pasti akan datang ke tempat wisata dan lain sebagainya," jelas Sandi.

Dengan jumlah personel yang cukup besar, Sandi menegaskan pihaknya siap untuk mengamankan Operasi Ketupat 2023.

Evaluasi juga dilakukan setiap hari, sehingga apabila dibutuhkan tambahan personel akan dilakukan penebalan-penebalan di titik tertentu.

Nantinya, apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 akan dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Rencananya, apel tersebut akan digelar di Monas, Jakarta Pusat pada Senin (17/4).

"Kemudian untuk masalah gelar pasukan tanggal 17 (April 2023) akan dipimpin oleh bapak Kapolri," kata dia.

Menurut Sandi, nantinya dalam apel tersebut akan ada perwakilan satuan tugas (satgas) personel gabungan yang bertugas di Operasi Ketupat 2023 dari sekitar 148 ribu personel yang bertugas.

Kemudian nantinya, perwakilan dari semua satgas akan hadir yaitu Satgas Polri, TNI, dan stakeholder terkait untuk mengikuti apel yang akan dilaksanakan pekan depan itu. RED