Korlantas Antisipasi Potensi Kemacetan Mudik Lebaran di Jalan Tol

Direktur keamanan dan keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari

Jakarta, Dekannews - Mudik Lebaran 2023 makin dekat. Segala persiapan pun mesti dilakukan dengan matang. 

Korlantas Polri bersama stakeholder melakukan survei jalur mudik Tol Semarang-Surabaya menjelang kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2023 dengan tujuan akhir Pos Polantas Cito, Surabaya.

Pengecekan juga dilakukan di Rest Area Km 575B di Exit Tol Solo-Ngawi, Jawa Timur untuk melihat kesiapan kantong parkir.

Saat di Pos Lantas Cito, Surabaya pihak Korlantas Polri dan stakeholder mendapatkan pemaparan dari Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes M Taslim Chairuddin terkait kesiapan mudik Lebaran 2023.

Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Ery Nursatari mengatakan, kondisi jalan tol di daerah Jawa Timur sudah cukup baik dan lebih dioptimalkan untuk ketersediaan infrastruktur dan pengamanan jelang mudik 2023 nanti.

“Kita rasakan ini sudah bagus tinggal nanti mempersiapkan pengamanannya, infrastruktur disiapkan untuk kemudian juga rekan-rekan semua yang bertanggung jawab untuk pengamanan Lebaran 2023 ini sudah siap,” kata Ery, Sabtu (25/2).

Selain itu, menurut Ery, aparat kepolisian di daerah harus lebih tanggap dan jeli melihat situasi.

Sebab, keberadaan anggota di ruas jalur tol sangat diperlukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi saat mudik Lebaran 2023 nanti.

“Jadi perlu ada keberadaan anggota yang mengatur. Pasti ada cara yang dilakukan untuk mengurangi kepadatan, yang penting anggota siap dengan cara bertindak yang tepat,” pungkas dia.

Survei jalur mudik telah dilakukan hari sebelumnya oleh Korlantas Polri dan stakeholder dari Tol Jakarta-Semarang, dan dilanjutkan hari ini dari Tol Semarang-Surabaya.

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia tengah menyiapkan sejumlah persiapan menjelang Ramadan dan mudik Lebaran 2023.

Diprediksi 80 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2023 ini.

Lonjakan ini diprediksi akan terjadi karena tahun ini kasus COVID-19 menurun, sudah tidak ada PPKM, dan keadaan ekonomi membaik. RED