Banyak PR Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi Mudik Lebaran (Ist)

Jakarta, Dekannews - Banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus ditata oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menghadapi mudik Lebarab 2023.

Akademisi Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno meminta kepada Pemda untuk mendirikan rest area di sejumlah titik di luar jalan tol. Sebab, banyak pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

Djoko berujar, rest area itu penting dibangun sebagai tempat peristirahatan para pemudik motor, setelah menempuh jalan yang cukup jauh.

"Persiapan rest area di luar tol oleh pemda," kata Djoko, Senin (20/2).

Lanjut Djoko, pemerintah juga harus merapihkan program mudik gratis yang tiap tahunnya digelar.

Djoko menyarankan, pemerintah untuk dapat mengelola program tersebut agar tidak sepi peminat. Pasalnya, beberapa tahun terakhir ini banyak kursi bus gratis tidak terisi.

Ia berpandangan, bila pemerintah bisa kelola mudik gratis ini, banyak masyarakat yang terangkut dalam mudik gratis. Pemerintah tinggal menata soal keterisian kursi bus.

"Menata mudik gratis. Jangan sampai terlalu banyak kursi kosong, padahal sudah mendaftar," terangnya.

Djoko mengungkapkan, bahwa transportasi angkutan lebaran untuk jalur laut, udara dan darat sudah tercukupi dengan baik. Hal tersebut jika berkaca pada pelaksanaan mudik tahun 2022 lalu.

"Melihat tahun lalu, pasti cukup angkutan lebaran," terang pengamat transportasi ini. RED