Kata Ketua DPW Perindo Perihal Masih Banyaknya Masyarakat yang Masih Suka Buang Sampah Sembarangan

Erlangga Putra dalam Podcast Aksi Nyata

JAKARTA MPI, Dekannews - Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan membuang sampah sembarangan masih menjadi persoalan lingkungan yang tiada ujungnya. Meski sudah disediakan tempat sampah di beberapa titik di trotoar Jakarta, kerap kali kita menemukan sampah yang berserakan.

Kebiasaan itu juga masih terlihat di jalan raya. Masih banyak dari masyarakat kita yang suka membuang sampah ke jalan dari kendaraan masing-masing, baik roda dua maupun roda empat dan sebagainya.

Merespons hal tersebut, Ketua DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta, Erlangga Putra menyatakan kesadaran membuang sampah harus dimulai dari pribadi masing-masing individu. Menurutnya, jika kita sudah menjadi orang yang patuh membuang sampah pada tempatnya, tugas kita adalah mengingatkan orang lain betapa pentingnya buang sampah di tempat yang sudah disediakan.

"Kalau kita tidak cinta pada lingkungan sendiri, siapa lagi yang bakal cinta dengan lingkungan itu," kata Erlangga dalam Podcast Aksi Nyata Perindo.

Erlangga melanjutkan, seyogianya ketika hendak membuang sampah sembarangan kita harus memikirkan bagaimana dampak ke depannya terhadap lingkungan. Salah satu penyebab dari kebiasaan membuang sampah sembarangan adalah menyebabkan selokan macet sehingga menyumbat saluran air yang dapat menyebabkan banjir tatkala hujan turun.

"Kalau kita mikir itu tidak bisa dimulai dari diri sendiri, itu akan susah," ujarnya. (tfk)