Jelang Hari Raya Idul Fitri Harga dan Pasokan Pangan di Jakut Terkendali

Pengecekan Pasar oleh Forkopimko Jakarta Utara

Jakarta, Dekannews - Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Kota Administrasi Jakarta Utara mengecek kondisi terkini pangan di dua pasar berbeda, yakni Pasar Mandiri Kelapa Gading dan Lotte Mart, Kelapa Gading, Selasa (11/04/2023). Dari sisi kualitas pangan dipastikan terhindar dari zat kimia berbahaya, begitupun pasokan dan harga terkendali.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan pengecekan kedua pasar tradisional dan modern ini mengikutsertakan jajaran Polres Metro Jakarta Utara, Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara, dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

Sejumlah contoh atau sampel pangan diuji di mobil laboratorium milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dan tim dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta.

"Pengecekan ini merupakan lanjutan dari sebelumnya, yang mana saat ini kita cek sampel pangan. Pangan mentah diuji oleh Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, dan pangan olahan diuji oleh BBPOM Jakarta," kata Ali Maulana Hakim saat ditemui di Lobi Lotte Mart, Kelapa Gading, Selasa (11/4).

Dari hasil pengujian laboratorium, Ali memastikan pangan mentah maupun olahan yang diuji terhindar dari zat kimia berbahaya.
Pengujian ini memberikan pesan terhadap pentingnya pencegahan pangan yang terkontaminasi zat kimia berbahaya.

"Kesehatan masyarakat itu yang diutamakan. Untuk itu bagi para pedagang kami berpesan jual lah pangan yang tidak mengandung zat kimia berbahaya dan bagi masyarakat agar membeli pangan di tempat-tempat yang aman," ungkapnya.

Ali pun menegaskan pasokan dan harga pangan saat ini tergolong stabil. Ia berharap kondisi seperti ini dapat berlangsung hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

"Tadi obrolan dengan para pedagang di pasar tradisional rata-rata harga pangan stabil dan pasokannya juga cukup bagus," tegasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rusanto menjabarkan uji sampel pangan meliputi zat formalin borax pada ikan, residu pestisida dan clorin pada pangan pertanian, zat eber pada daging sapi, dan zat formalin pada ayam.

Sedangkan BBPOM Jakarta menguji sejumlah pangan olahan yang dijajakan bagi pengunjung Lotte Mart.

"Dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta menguji sampel dari Pasar Mandiri Kelapa Gading. Kami hadirkan tiga unit mobil laboraturium," jabarnya.

Sementara itu pedagang daging sapi di Pasar Mandiri Kelapa Gading, Kasim Haryanto (45) mengungkapkan pasokan dan harga terkendali dikisaran Rp140.000 sampai dengan Rp150.000 per kilogram.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan akan adanya kenaikan harga ketika semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang diprediksi mencapai Rp180.000 sampai dengan Rp190.000 per kilogram.

"Pasokan dan harga sekarang masih stabil, tapi biasanya H-3 lebaran harganya mulai naik. Saya sih biasanya kasih diskon Rp5.000 sampai dengan Rp10.000 kalau belinya lebih dari dua kilogram," tutup Kasim Haryanto.

Bersamaan dengan itu, pelayanan pemeriksaan Tera Ulang Alat Ukur dari Unit Pengelola Metrologi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta di Pasar Mandiri Kelapa Gading sebagai upaya menumbuhkan budaya tertib bagi para pedagang pasar saat transaksi jual beli. Dengan begitu maka ketepatan alat ukur memberikan kepastian masyarakat berbelanja di pasar tradisional. (Imas)