Jadi Wilayah Penyangga IKN, Sulawesi Barat Berbenah

Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sulawesi Barat, Muhammad Yasin Hakim

JAKARTA MPI, Dekannews - Pemerintah sedang melakukan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Rencananya, kantor Presiden, TNI, Polri, dan sejumlah Kementerian akan pindah ke IKN pada 2024 mendatang.

Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sulawesi Barat, Muhammad Yasin Hakim menyatakan saat ini daerahnya sedang melakukan perbaikan. Hal itu menurut dia, karena Sulbar menjadi salah satu daerah penyangga IKN meski berbeda pulau.

"Sesuai dengan keberadaannya sebagai posisi geografis bahwa Sulawesi yang paling dekat dengan IKN adalah Sulbar, dan khususnya Mamuju, untuk itu sudah dilakukan oleh pemerintah daerah upaya-upaya pengwilayahan komoditas yang akan menunjang IKN," kata Yasin dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Selasa (15/11/2022).

"Contohnya ada wilayah yang dipersiapkan di bidang pangan, terus di bidang multikultural," sambungnya.

Yasin melanjutkan, salah satu daerah di Sulbar, yakni Mamuju merupakan salah satu produsen batuan andesit. Menurutnya, batuan andesit merupakan salah satu hal yang punya manfaat besar dalam pembangunan IKN.

"Bebatuan jenis andesit misalnya itu sudah dipersiapkan dari Mamuju," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Tokoh Masyarakat Sulbar, Untung Soedarsono Karta Wijaya juga menyampaikan hal senada dengan Yasin. Ia menyampaikan, masyarakat dengan sendirinya muncul kegairahan mereka dalam mempersiapkan menjadi daerah penyangga IKN.

"Dengan sendirinya masyarakat juga sudah mulai bergairah menyiapkan segala sesuatunya yang bisa mereka buat, terutama dalam segi ekonomi," ucapnya. (tfk)