Ini PR Zulkifli Hasan Setelah Dilantik Jadi Menteri Perdagangan

Zulkifli Hasan. (Ist)

 Jakarta, Dekannews - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Presiden Jokowi yang melantik Zulhas, langsung membeberkan pekerjaan rumah untuk diselesaikan.  

“Kalau urusan ekspor saya kira juga menjadi urusan menteri perdagangan ya. Tapi, yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri, harus bisa kita jaga,” kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (15/6).  

Menurut Jokowi , pengalaman Zulkifli Hasan di dunia politik-pemerintahan. Zulkifli Hasan dinilainya sebagai sosok yang tepat untuk menduduki kursi Mendag.  

"Ya kita melihat semuanya rekam jejak, pengalmaan, kemudian terutama untuk skill managerial, karena sekrang bukan hanya makro saja tapi mikro harus secara detail dikerjakan,” kata Jokowi. 

Jokowi juga meminta Zulhas untuk mengurusi kebutuhan pokok dalam negeri. Dia meyakini Zulhas mampu mengatasi pekerjaan tersebut dengan pengalamannya.  

"Karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun ke lapangan, untuk melihat langsung persoalan utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat,” kata Jokowi. (Zat)