Presiden Jokowi Segera Umumkan Perombakan kabinet, Hanya Dua Menteri Yang Diganti ?

Presiden Jokowi. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan pada siang ini akan mengumumkan perombakan kabinet  di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Reshuffle Kabinet atau pelantikan Menteri dan Wakil Menteri baru di Kabinet Indonesia Maju dengan sisa masa jabatan periode tahun 2022-2024 akan dilakukan pukul 13.30 WIB di Istana negara.

Namun, perombakan kabinet kali ini dikabarkan terbatas dan hanya menyasar dua kursi menteri yang diisi oleh wajah-wajah baru. Selain itu akan ada pengangkatan tiga wakil menteri.

Menurut informasi yang dihimpun, dua nama yang masuk kabinet adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto.

Zulkifli Hasan akan menggantikan posisi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.  Hadi Tjahjanto akan mengantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Sementara itu pada posisi wamen, pergantian akan terjadi pada posisi Wamen ATR/BPN dan Wamen PUPR ke Wamen Dalam Negeri.

Sebelumnya, Jokowi mengundang sejumlah menteri ke Istana Negara pada Selasa (14/6/2022). Mereka antara lain Menteri ATR Sofyan Djalil, Menhan Prabowo Subianto hingga Menteri Perdagangan M Lutfi.

Kemudian ada Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang juga diundang Jokowi serta mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. (Zat)