Elektabilitas Tinggi Anies di DKI Jakarta, Pejabat Gubernur Heru Budi Hartono Sebaiknya Segera Lakukan Penyegaran Jabatan Secara Total

Foto Monas Ist

Oleh : Sugiyanto (SGY)
Ketua Himpunan Masyarakat Nusantara (HASRAT)

Berdasarkan survei, elektabilitas Capres Anies Baswedan di DKI Jakarta mendominasi, mengungguli Prabowo dan Ganjar. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh banyaknya pejabat yang pernah diangkat oleh Anies di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta nanum belum diganti oleh Pejabat Gubernur Heru Budi Hartono.

Para pejabat yang pernah diangkat Anies, mulai dari tingkat Lurah, Camat, Walikota, Kepala Seksi, Kepala Sudin, Kepala Dinas, hingga Asisten Sekda dan BUMD, kemungkinan turut mendukung Capres Anies Baswedan secara aktif dalam diam. 

Dalam konteks ini, seharusnya Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, segera melakukan penyegaran jabatan secara total dengan merujuk pada sistem merit.

Pemprov DKI Jakarta diharapkan untuk memastikan pergantian pejabat secara transparan dan berdasarkan kriteria merit, menciptakan lingkungan yang lebih dinamis dan berdaya saing. 

Pergantian pejabat yang pernah diangkat oleh Anies saat menjadi Gubernur DKI Jakarta menjadi penting karena Anies, mantan Gubernur Jakarta, mencalonkan diri sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Selain itu, penyegaran jabatan juga diperlukan untuk menjamin independensi dan netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.