Dua Operator Pelayaran Siap Hubungkan Eropa-Samudera Hindia-Australia

Ilustrasi. (Foto: skytransfreightforwarder)

Jakarta, Dekannews- Dua Operator pelayaran global, yakni Mediterranean Shipping Company (MSC) dan CMA CGM, dikabarkan telah mengikat perjanjian untuk layanan baru dengan rute yang menghubungkan Eropa, Samudera Hindia dan Australia.

Layanan baru ini akan dimulai pada September 2019, dimana kemitraan baru kedua perusahaan ini akan mengoperasikan layanan bersama yang menghubungkan Benua Barat Laut dan Laut Tengah dengan Samudra Hindia dan Australia bagian selatan dan Australia ke Asia Tenggara, India Subcontinent dan Eropa Utara.

"Langkah ini merupakan peningkatan dari layanan MSC’s Australia Express/CMA CGM’s (NEMO service) yang berencana mengoperasikan 14 unit kapalnya dengan kapasitas 9.500 twentyfoot equivalent units (TEUs)," demikian dikutip dari laman kabarkapal.com, Sabtu (30/3/2019).

Menurut media ini, dari 14 unit kapal tersebut, sembilan kapal di antaranya disediakan MSC, dan sisanya oleh CMA CGM.

Penawaran layanan baru ini selain memberikan layanan peningkatan armada, juga peningkatan jangkaun pelabuhan yang diperluas melalui pemanfaatan enam hub yang menawarkan layanan pengumpan khusus atau dedicated feeder services.

Adapun rotasi pelabuhan-pelabuhan yang akan dilayani yakni: London Gateway- Rotterdam-Hamburg-Antwerp-Le Havre-Fos-surmer-La Spezia-Genoa-Gioia Tauro-Pointe des Galets-Port Louis-Sydney-Melbourne- Adelaide-Fremantle-Singapore-Kolombo-Valencia-Sines-London Gateway.

Pelayaran perdana untuk layanan ini diharapkan bisa dimulai pada pertengahan September tahun ini.(man)