Ciptakan Wirausaha Muda & Koperasi Modern, Kemenkop Gandeng Bank BJB, Unpad dan Ika Ikopin

Penandatangan Kerjasama antara kemenkop dengan Bank BJB, Ika Ikopin dan Unpad (tfk)

Bandung,Dekannews-Kementrian Koperasi (Kemenkop) dan UKM menjalin kerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB), Ikatan Alumni (Ika) Ikopin dan Universitas Unpad, dalam membangun wirausaha muda yang handal dan koperasi moderen di Indonesia. Kerjasama itu dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan di Bandung, Jumat (14/1/2022).

Menurut Sekretaris Menkop dan UKM Arif Rahman Hakim, selaku yang mewakili Menkop dalam penandatangan itu menjelaskan, ada beberapa agenda besar yang tengah dijalankan pemerintah. Pertama, pemerintah tengah mengumpulkan data koperasi dan Ukm. Ini bukan pekerjaan ringan butuh keterlibatan banyak pihak seperti Ikopin dan Unpad. 

Kedua, meningkatkan target menciptakan wirausaha muda produktif. Saat ini rasionya baru di level 3,6%. Akhir 2024 Kemenkop mentargetkan tumbuh jadi 3,9%-4%. Itu artinya, harus memunculkan 500.000 wirausaha baru. 

Ketiga, menciptakan koperasi moderen termasuk merampungkan UU Koperasi. Keempat, mengawal dan mendampingi pelaku usaha mikro sampai menjadi handal dan berdaya saing. Kelima, mendorong usaha mikro dan kecil masuk dalam ekosistem bisnis yang kuat dan sehat. 

“Karenanya kami selalu membuka sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak mulai perbankan, institusi pendidikan seperti Unpad dan Ikopin dan organisasi seperti alumni Ikopin,” jelasnya. 

Direktur Konsumer dan Ritel BJB Suartini, seusai penandatangan nota kesepahaman menjelaskan,  sudah lama BJB  berperan  aktif membantu koperasi dan Ukm  dalam hal pendanaan. Namun sinergi bersama Kemenkop, Unpad dan Ika Ikopin adalah sebuah langkah besar dalam mengembangkan koperasi dan Ukm di Indonesia. 
   
Rektor Univertas Unpad Prof. Rina Indiastuti, berharap sinergi ini bisa secara bersama mencetak wirausaha muda yang baru dari kampus. Maka untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka, Prof. Rina mendorong bergabung dalam wadah koperasi. Mereka akan mampu membesarkan koperasi karena secara emosional sudah terjalin sejak mahasiswa dalam membangun bisnis bersama. 
     
Ketua Ika Ikopin Entis Sutisna mengatakan, pihaknya mendukung penuh semua program Kemenkop dan Ukm dalam menciptakan koperasi moderen dan Ukm muda yang handal di Indonesia. Karenanya, lanjut Entis, Ika Ikopin mengapresiasi kolaborasi antar lembaga pendidikan, perbankan, pelaku usaha dalam ini koperasi dan ukm dan pemerintah. 

 “Ini sebagai langkah strategis kedepan yang baik. Ika Ikooin memiliki 16.000 alumni yang tersebar di 21 propinsi siap mendukung Kemenkop dalam menciptakan dan memajukan koperasi moderen,” ungkapnya.(tfk)