Cegah Kebakaran Di Wilayah Padat Penduduk, Begini Saran Politisi Golkar

Haji Beceng. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Khotiby Achyar meminta Pemprov DKI melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) memaksimalkan penanganan kebakaran di wilayah padat penduduk.  

Sebab, menurut pria yang akrab disapa Haji Beceng tersebut, peristiwa kebakaran rawan terjadi di wilayah padat penduduk. Tak jarang pula menimbulkan kerugian besar hingga korban jiwa.   

Karena itu dia menyarankan Dinas Gulkarmat untik menyediakan kendaraan yang mampu menjangkau wilayah padat penduduk.

Sebab, ketika kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk kadang kala petugas kerap kesulitan untuk mencapai akses sampai ke lokasi kebakaran.  

"Saat menggelar acara reses di daerah pemilihan (dapil) saya di Jakarta Barat, ada permintaan dari  masyarakat agar ada kendaraan untuk mengatasi kebakaran di lingkungan yang penduduknya padat," kata dia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (31/5). 

Selain itu Politisi Golkar tersebut mengungkapkan, pengadaan hidran-hidran harus diperbanyak. Hidran-hidran yang sudah ada, kata dia, harus dirawat sebaik mungkin agar berfungsi baik.  "Hidran-hidran di lingkungan harus diperhatikan perawatannya. Selain itu harus diperbanyak agar saat penanganan kebakaran, petugas tidak kesulitan mencari sumber air," ucapnya. 

Sebagai informasi, sebelumnya Dinas Gulkarmat DKI  mencatat 450 kejadian kebakaran pada Januari hingga 12 April 2022. Jumlah ini meningkat ketimbang tahun lalu dengan periode waktu sama, yakni 371 kejadian. 

"Terbanyak ada di wilayah Jakarta Selatan yakni 132 kejadian kebakaran dan disusul Jakarta Barat 107 kejadian," kata Kepala Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Saepuloh beberapa waktu lalu. (Zat)