Begini Cara Hadapi Society 5.0 Bagi Generasi Muda

Apri Supriyadi dalam Podcast Aksi Nyata

JAKARTA, Dekannews  - Society 5.0 atau masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi DPP Pemuda Perindo, Apri Supriyadi memberikan tips kepada generasi muda dalam menghadapi era tersebut. Menurutnya, ada satu hal yang mendasar dalam menghadapi society 5.0 yang penuh dengan kecanggihan teknologi.

"Perlu ada character building, itu dasarnya," kata Apri dalam Podcast Aksi Nyata Perindo.

Selain character building, hal yang perlu dipersiapkan tentunya adalah pemikiran yang kreatif, kritikal, dan mampu menjalin komunikasi yang baik guna terciptanya kolaborasi.

Menurutnya, tujuan utama dari adanya society 5.0 yaitu untuk memudahkan kehidupan manusia dalam bermasyarakat dengan teknologi. Untuk itu, masyarakat perlu mendasari perkembangan tersebut dengan character building.

"Untuk persiapan-persiapan siklus tadi bahwa memang bagaimana kita bisa menjalankan kehidupan yang society 5.0 sedangkan diri kita tidak siap," ujarnya.

"Karena karakter itu kan pribadinya, oke ada perkembangan teknologi tetap berjalan, tapi kalau diri kita belum siap tidak ada panggilan untuk menyiapkan itu ya tidak akan relevan," sambungnya. (tfk)