Antisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban Jelang Nataru, Jajaran Rutan Cipinang Gelar Sidak

Suasana Sidak Di Rutan Cipinang(ist)

Jakarta,Dekannews-Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas l Cipinang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Blok Hunian warga binaan (Narapidana), dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, Senin (13/12).

Petugas melakukan pengecekan tralis dan kontrol area Rutan. Dimana dalam hal ini pihak Rutan Cipinang juga berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lain dalam rangka pengamanan objek vital.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Cipinang Margono mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah langsung oleh Direktur Keamanan dan Ketertiban, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Abdul Aris. 

Untuk itu, Margono ikut serta memantau langsung kegiatan ini yang dipimpin oleh Kepala Pengamanan Rutan A. Agung Gde Joni P. P. dengan mengerahkan staf keamanan serta petugas anggota jaga yang bertugas.

Kegitan ini dimulai dengan rangkaian apel dilanjutkan dengan berdoa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk terjun langsung kedalam blok dan kamar hunian narapidana.

“Giat ini dilakukan sebagai antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang liburan natal dan tahun baru agar Rutan Kelas I Cipinang bebas dari peredaran gelap narkotika dan barang terlarang lainnya serta memastikan bahwa sarana dan prasarana keamanan yang ada dalam kondisi baik,” ujar Karutan.

Margono juga mengatakan, kegiatan sidak ini rutin dilakukan oleh pihaknya agar keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas I Cipinang tetap terjaga dan tetap dalam kendali oleh petugas.(tfk)