5 Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Maag

Ilustrasi Sarapan Pagi. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Sarapan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski demikian banyak hal yang membuat lupa sarapan, mulai dari terburu-buru berangkat bekerja hingga bangun kesiangan.  

Padahal sarapan sangat penting bagi tubuh. Asupan makanan di pagi tidak hanya bermanfaat untuk melakukan aktivitas namun juga penting untuk menjaga metabolisme tubuh. 

Berikut ini manfaat sarapan pagi yang rutin harus kita lakukan: 

1. Menutrisi Tubuh  Sesibuk apapun Anda usahakan untuk menyempatkan diri sarapan pagi. Karena dengan sarapan tubuh akan memiliki ‘energi juga nutrisi’ yang dapat meningkatkan kekuatan selama Anda beraktivitas. 

2. Mengembalikan Metabolisme Tubuh  Saat kondisi Anda tidur,  tubuh tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga di pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis.   Makanan yang berkarbohidrat baik dikonsumsi di pagi hari karena sebagai sumber energi untuk beraktivitas, namun jika sarapan terlewatkan maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut dengan glycogen. 

3. Mencegah Penyakit Maag  Rutin sarapan pagi juga baik untuk mengatasi maag, karena maag memiliki resiko tinggi apabila meninggalkan kebiasaan sarapan pagi. Usahakan rutin untuk sarapan pagi walau hanya dengan segelas susu dan roti. 

4. Meningkatkan Kinerja Otak  Alasan mengapa kita harus sarapan pagi yaitu mampu meningkatkan kinerja otak. Sarapan dapat memperbaiki kadar gula yang menurun selama semalaman Anda tidur. Otak membutuhkan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik dan fokus. 

5. Menjaga Mood  Orang yang rutin sarapan umumnya memiliki mood yang lebih baik ketimbang orang yang tidak sarapan sebelumnya. Hal inilah yang utama selama Anda melakukan aktivitas agar suasana pekerjaan berjalan sukses. (Zat)