14 Alasan Mengapa Pilpres 2024 Dalam Satu Putaran Memberikan Keuntungan Bagi Rakyat, “Lebih Cepat Lebih Baik”

Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka-Foto-INT/IST

Penyelenggaraan Pilpres 2024 dalam satu putaran membawa berbagai manfaat bagi rakyat Indonesia. Dalam analisis saya, terdapat setidaknya 14 manfaat yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Oleh  : Sugiyanto (SGY)-Emik
Ketua Himpunan Masyarakat Nusantara (Hasrat)

 

Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga polling, pasangan nomor urut 2, Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka, berhasil melampaui tingkat elektabilitas 50 + 1.

Pencapaian ini menegaskan keunggulan Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atas pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta pasangan nomor urut 2 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dengan tingginya elektabilitas tersebut, kemungkinan besar Capres Prabowo Subianto akan memenangkan pemilihan presiden atau Pilpres 2024 dalam satu putaran. Hal ini merujuk pada konstitusi, peraturan perundang-undangan, dan pengalaman Pilpres 2009 yang juga berlangsung dalam satu putaran.

Penyelenggaraan Pilpres 2024 dalam satu putaran membawa berbagai manfaat bagi rakyat Indonesia. Dalam analisis saya, terdapat setidaknya 14 manfaat yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Pertama, yang paling penting yakni, mengurangi biaya logistik dan administratif Pilpres 2024 hingga sekitar 17 triliun. Kedua, efisiensi waktu, menghemat waktu, dengan kampanye yang lebih singkat, rakyat bisa fokus dengan kegiatan keseharian atau kegiatan rutinitas. Ketiga, dapat meningkatkan partisipasi pemilih tanpa perlu kembali ke tempat pemungutan suara. Keempat, meningkatkan kemungkinan pemilihan yang tepat karena satu putaran mendorong kandidat untuk menarik perhatian pemilih lebih awal.

Manfaat kelima, dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan program-program pemerintah. Keenam, meminimalkan ketidakpastian politik dengan pemilihan cepat dan hasil yang jelas. Ketujuh, mendukung stabilitas politik dengan hasil pemilihan yang cepat. Kedelapan, memotong distraksi atau pengalihan perhatian pada kampanye panjang, fokus lebih besar pada isu kebijakan. Kesembilan, meningkatkan kejelasan kepemimpinan dengan pengumuman hasil yang cepat.

Manfaat kesepuluh, mengurangi potensi polarisasi politik atau perbedaan pandangan yang tajam di putaran kedua. Kesebelas, memungkinkan pemerintahan yang lebih cepat dan responsif setelah pemilihan. Keduabelas, motivasi pemilih untuk memberikan suara sejak awal, meningkatkan keterlibatan politik. Ketigabelas, mengurangi risiko keamanan selama pemilihan dengan waktu yang lebih singkat. Dan yang keempat belas, mengurangi ketegangan dan ketidakpastian di masyarakat, mendukung keharmonisan setelah pemilihan.

Dengan sejumlah manfaat ini, mendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 14 Februari 2024, sejalan dengan jargon "Lebih Cepat, Lebih Baik" untuk kebaikan rakyat Indonesia. Mari bersama-sama sukseskan Pilpres 2024 dalam satu putaran dengan memilih pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

The End.