Wilayah Jakarta Utara Dihiasi Karya Seni Mural

Mural di Jakarta Utara

Jakarta, Dekannews - Menghias wajah lingkungan melalui karya seni mural menjadi pilihan yang tepat. Kreativitas pelukis mural dipacu untuk bisa menghasilkan gambar yang unik dan menarik sehingga mampu mempercantik tampilan wilayah. Hal inilah yang dijadikan inovasi dan tengah dikerjakan oleh jajaran kelurahan di wilayah Jakarta Utara. 

"Saat ini, pembuatan mural sudah dilakukan di lokasi parkiran motor Pasar Sunter Kirana. Disitu ada tembok yang memiliki tanaman merambat. Jika dilihat sekilas seakan-akan tanaman yang mengganggu. Dari situ muncul ide untuk mempercantik area pasar terutama area parkiran sehingga area tersebut menjadi lebih hidup," ungkap Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma saat dikonfirmasi, Jumat (16/9). 

Untuk mendukung pembuatan mural, Eka mengerahkan anggota PPSU Kelurahan Sunter Jaya yang memiliki keahlian melukis mural. "Pembuatan mural dikerjakan seluruhnya oleh PPSU Kelurahan Sunter Jaya. Tema khusus dalam pembuatan mural di lokasi ini adalah anak kecil yang nyaman bermain kupu-kupu di pasar. Nantinya, pembuatan mural juga dilakukan di Jalan Pulo Besar 1 RW 11, Sunter Jaya," terangnya. 

Pemanfaatan tanaman merambat dalam pembuatan mural dapat memberikan kesan yang unik. "Dengan adanya mural yang memanfaatkan tanaman hidup di wilayah Sunter Jaya diharapkan akan mengubah persepsi warga bahwa tanaman merambat yang cenderung mengganggu ternyata dapat terlihat menjadi lebih indah apabila dipadukan dengan mural," ujarnya. 

Konsep pembuatan mural dengan tanaman merambat juga telah dilakukan oleh Kelurahan Pluit. "Lukisan mural dengan hiasan tanaman merambat juga sudah dibuat di wilayah Muara Angke yang mengarah ke Apartemen Green Bay Pluit. Selanjutnya, kita akan cari lokasi yang lebih bagus lagi untuk pembuatan mural," pungkas Lurah Pluit, Sumarno. IMAS