Warga Jakarta Utara Diajak Periksa Kesehatan Selagi Sehat di Rumah Sehat Untuk Jakarta

Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim Saat Menghadiri Pencanangan Rumah Sehat di RSUD Koja

Jakarta, Dekannews - Penamaan Rumah Sehat untuk Jakarta dicanangkan pada seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta. Pencanangan ini mendorong pembiasaan pola pikir masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat dengan rutin memeriksakan kesehatan sebelum merasakan sakit.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyambut baik penamaan Rumah Sehat untuk Jakarta yang dicanangkan secara serentak dan hybrid pada seluruh RSUD se-Jakarta oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Untuk itu, Ali mengajak masyarakat Jakarta Utara untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan selagi merasa sehat.

"Konsultasikan penyakit yang terkadang diri kita sendiri tidak mengetahuinya dengan datang ke Rumah Sehat untuk Jakarta selagi kita dalam kondisi sehat. Jangan baru merasa sakit, kita baru datang untuk menyembuhkan," kata Ali Maulana Hakim saat ditemui di RSUD Koja, Jakarta Utara, Rabu (3/8).

Ali telah memastikan kelengkapan pelayanan kesehatan di RSUD Koja dengan mengusung konsep terintegrasi antar pelayanan kesehatan lainnya. 

Lengkap dan terintegrasinya pelayanan kesehatan ini dianggap mampu menghadirkan fasilitas kesehatan prima sesuai dengan semangat pola pikir masyarakat terhadap Rumah Sehat untuk Jakarta.

"Alhamdulillah di Rumah Sakit untuk Jakarta RSUD Koja ini pelayanannya luar biasa maksimal, lengkap, dan sudah terintegrasi," jelasnya.

Direktur RSUD Koja, dr. Ida Bagus Nyoman Banjar menerangkan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan pemeriksaan fisik atau Medical Check Up untuk mengetahui kondisi kesehatan yang dialami. 

Pelayanan itu pun dipastikan dapat diakses dengan menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berjenjang mulai dari fasilitas kesehatan pertama.

Sedangkan pelayanan kesehatan unggulan penunjang Rumah Sehat untuk Jakarta di RSUD Koja saat ini berupa Pelayanan Terapi Tumbuh Kembang Anak, Pelayanan Jantung Terpadu, Pelayanan Stroke Terpadu, Pelayanan Trauma Center, dan Pelayanan Luka Bakar.

"Orang sehat sekarang bisa datang ke sini untuk mendapatkan pelayanan medical check up untuk mengetahui keluhan selama ini. Jadi misalkan saya merasa sehat, apa benar saya sehat? Melalui medical check up ini diperiksa tekanan darah, kolesterol, dan lain sebagainya melalui laboratorium," tutup dr. Ida Bagus Nyoman Banjar.

Diketahui, penamaan Rumah Sehat untuk Jakarta diiringi penyeragaman seluruh logo rumah sakit umum se-Jakarta. Acara ini digelar  sekaligus dengan dimulainya Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). IMAS