Wakil Walikota Jakut Buka Sosialisasi Musrenbang 2023

Wakil Walikota Jakut Juaini Buka Sosialisasi Musrenbang 2023

Jakarta, Dekannews - Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini membuka kegiatan sosialisasi musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan tahun 2023 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2024. Sosialisasi tersebut merupakan kelanjutan dari tahap Rembuk RW yang telah dilaksanakan sejak tanggal 2-27 Januari 2023. 

"Pelaksanaan musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan bertujuan untuk menyampaikan arahan prioritas pembangunan DKI Jakarta tahun 2024 dan informasi Rancangan Rencana Kerja (Renja) kecamatan dan kelurahan serta melaksanakan verifikasi lapangan terhadap usulan Rembuk RW tahun 2023," terang Juaini di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (1/2). 

Efisiensi dan efektifitas adalah dua kunci utama dalam penyusunan perencanaan pembangunan baik itu perencanaan melalui pendekatan teknokratik maupun partisipatif yang dalam hal ini musrenbang. Untuk itu, Juaini mengimbau kepada tim teknis yang terdiri dari unsur UKPD, kecamatan, dan kelurahan agar dapat melakukan verifikasi lapangan dengan sungguh-sungguh, menyeluruh, cermat, dan akurat. 

"Dengan adanya sosialisasi ini, saya juga berharap semuanya bisa lebih aktif dan tanggap terhadap usulan-usulan masyarakat kemudian bisa ditindaklanjuti. Selain itu, manfaatkan kesempatan ini untuk memperdalam pemahaman terkait mekanisme penyusunan perencanaan pembangunan khususnya pelaksanaan musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan," pesannya. 

Sementara itu, dari 449 RW yang melaksanakan Rembuk RW terdapat sebanyak 2.009 usulan kegiatan fisik dan non fisik yang tercatat dalam sistem e-musrenbang.  "Acara sosialisasi hari ini merupakan persiapan penyelenggaraan musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan yang masuk dalam tahap verifikasi dan validasi usulan Rembuk RW secara berjenjang," jelas Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Utara, Hindradman Dewantoro. 

Setelah kegiatan Rembuk RW selesai dilaksanakan maka diteruskan dengan tahapan verifikasi lapangan hasil Rembuk RW oleh tim teknis yang akan dimulai pada tanggal 2-16 Februari 2023. Selanjutnya, akan masuk dalam tahapan Sidang Pleno I (pembukaan), Sidang Kelompok, dan Sidang Pleno II (penutupan) yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 17 Februari - 1 Maret 2023. (Imas)