Usung Konsep Simpul Transportasi Modern, Pelabuhan Muara Angke Makin Ciamik

Eskafator di Pelabuhan Muara Angke

Jakarta, Dekannews - Pelabuhan Muara Angke kian ciamik usai direvitalisasi. Pelabuhan dengan tujuan penyebrangan Kepulauan Seribu tersebut mengusung konsep Simpul Transportasi Modern. 

"Kondisi Pelabuhan Muara Angke saat ini sudah jauh lebih baik. Terdiri dari dua lantai dan mengandung konsep simpul transportasi modern," kata Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Unit Pengelola Angkutan Perairan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Wijayanto saat dikonfirmasi, Senin (26/9). 

Selain ruang kantor, secara umum dijelaskannya Pelabuhan Muara Angke memiliki sejumlah fasilitas mulai dari musala, toilet, kantin, ruang laktasi, hingga taman. Pelabuhan itu pun dipastikan ramah difabel. 

"Konsep ini mirip layaknya bandara. Bahkan ke depannya pelabuhan ini akan terintegrasi dengan modal transportasi lain," jelasnya. 

Saat ini, dia menerangkan sistem tiket penyebrangan elektronik atau e-ticketing tengah dikembangkan dengan menggandeng Bank DKI. 

"Saat ini kami masih menggunakan sistem pembelian tiket secara tunai melalui karcis, tapi dalam waktu dekat kami akan terapkan sistem e-ticketing yang saat ini sedang dalam pengembangan development," tutupnya. 

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meresmikan Pelabuhan Muara Angke pada Jumat (30/9) mendatang. Terdapat tiga jalur penyebrangan pulang pergi (PP), yakni Jalur 1 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pramuka), Jalur 2 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Tidung), dan Jalur 3 (Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Kelapa dan Sabira). IMAS