Unggah Kegiatan Ibadah di Medsos, Pengasuh Ponpes Al Falah: Bagus Buat Percontohan

Pengasuh Pondok Pesantren (ponpes) Al Falah,  Wonosobo, Muhammad Ulil Al-Bab Djalaluddin

JAKARTA, Dekannews  - Kalangan muda di Indonesia saat ini tidak bisa lepas dari media sosial (medsos). Semua kegiatan mereka sehari-hari hampir diabadikan lalu dipublikasikan melalui medsos.

Tidak terkecuali, terkait kegiatan ibadah mereka. Muda-mudi zaman sekarang aktif membagikan kegiatan ibadah mereka terkait bersedekah ke medsos.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Kongsi, Mojotengah, Wonosobo,  Muhammad Ulil Al-Bab Djalaluddin menyatakan, hal tersebut tidak menjadi masalah. Menurutnya, dengan membagikan ke medsos akan dilihat oleh teman-temannya sehingga yang melihat menjadi terpacu untuk melakukan kebaikan yang serupa.

"Tidak masalah (mengunggah kegiatan ibadah ke medsos), itu justru bagus karena buat uswatun khasanah, buat percontohan," kata pria yang akrab disapa dengan Gus Ulil di Podcast Aksi Nyata Perindo bertajuk 'Keutamaan Membantu Sesama Menurut Agama Islam', Rabu (7/12/2022).

Menurutnya, hal tersebut tertulis dalam maqolah atau kata-kata motivasi yang mempunyai arti, kita itu harus memviralkan ibadah kita sebagaimana mereka memviralkan kemaksiatan mereka'.

"Daripada Instagram diisi hal-hal yang tidak menarik menurut Allah, lebih baik diisi hal-hal yang menarik menurut Allah," ujarnya.

Meski begitu, Gus Ulil menenangkan dalam beribadah dan bersedekah harus diniatkan ikhlas karena Allah. Bukan untuk ria atau pamer kepada sesama.

"Sedekah kalau ria tetap tidak dapat pahala, cuma nanti insyaallah kalau kita sering sedekah riabiru akan hilang dengan sendirinya, mungkin awalnya ria tidak masalah bagi saya dari pada tidak sama sekali tidak bersedekah," ucapnya. (tfk)