Subvarian Baru Omicron Masuk RI, Masyarakat Jakarta Diingatkan Waspada

Subvarian Omicron. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif.

Wagub DKI Ahmad Riza Patria meminta agar protokol kesehatan diperketat. Terualtama pada kegiatan-kegiatan dengan jumlah massa padat."Saat ini sudah memungkinkan ada kegiatan konser dan sebagainya kami minta panitia penyelenggara tetap prokes, vaksin dan protap ditingkatkan," kata Riza Senin (13/6).

Untuk pencegahan varian baru tersebut, Riza mengaku, Pemprov DKI sudah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya menyiapkan tenaga medis hingga sarana dan prasarana.

"Jadi upaya pencegahan sudah dilakukan bersama Kemenkes. Prinsipnya Pemprov sudah menyiapkan sarana prasarana tenaga kesehatan sosial isi," ujarnya.

Meski demikian dia mengatakan, upaya pencegahan juga tidak bisa dilakukan tanpa adanya kesadaran daei warga.

Karena itu, Riza kembali mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Dia mengingatkan warga Jakarta tetap menggunakan masker.

"Sekalipun sudah diperkenankan tidak menggunakan masker di ruang terbuka, kami minta warga Jakarta khususnya agar tetap patuh taat disiplin bertanggung jawab untuk melaksanakan protokol kesehatan," kata dia.

Dia juga menghimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Booster untuk segera mencari sentra-sentra vaksin terdekat.

"Kedua penting yaitu, pastikan vaksinasi booster agar Pemprov akan pastikan seluruh warga mendapatkan vaksinasi," katanya. (Zat)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

eK - swennakeD