Sosok Arifin Panigoro di Mata TGB Zainul Majdi

Tuan Guru Bajang dan Hilmi Panigoro

JAKARTA, Dekannews - Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjadi pembicara dalam acara temu kangen teman seangkatan Institut Teknologi Bandung (ITB) Hilmi Panigoro.

TGB menyebutkan, acara yang digelar di Griya Arifin Panigoro ini merupakan legacy dari sosok pengusaha minyak Indonesia, Arifin Panigoro.

"Walaupun beliau (Arifin Panigoro) sudah wafat beberapa waktu lalu tapi legacynya tetap bertahan dan Griya Arifin Panigoro di (jalan) Jenggala 1 ini salah satu bukti bahwa karya-karya baik beliau insyaallah akan kita teruskan bersama," kata TGB di lokasi, Rabu (11/1/2023).

Selain pengusaha, Arifin Panigoro menurut TGB merupakan sosok yang benar-benar mencintai Indonesia. Hal itu berdasarkan perjuangan yang semasa hidupnya ia lakukan di bidang pendidikan dan ekonomi.

"Tentu kalau kiprah sebagai usahawan itu satu hal, akan tetapi kiprah sebagai anak bangsa melalui jalur-jalur pendidikan sosial pemberdayaan ekonomi itu juga luar biasa," ujar TGB.

"Dan yang menarik dari beliau adalah dan ini juga mungkin perlu kita teladani bahwa banyak sekali karya baik itu yang beliau tidak terlihat, jadi beliau tidak bukan orang yang suka tampil tetapi berkontribusi dari belakang layar," sambungnya.

Dengan begitu, TGB berharap sifat yang tidak terlalu memamerkan kebaikan tersebut dapat menjadi teladan yang patut dicontoh.

Sebagai informasi, Pengusaha sekaligus Pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk Arifin Panigoro meninggal dunia pada Senin (28/2/2022). Almarhum dinyatakan meninggal dunia pada pukul 02.29 WIB, pada usia 76 tahun.

Arifin Panigoro lahir Bandung, 14 Maret 1945 ini dikenal dalam industri energi, khususnya minyak, gas bumi, juga pertambangan tembaga, melalui perusahaanya PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Keluarga Arifin berasal dari Gorontalo, memulai bisnis kopiah dan berkembang menjadi agen penjualan barang elektronik Philips hingga produk tekstil Retatex.

Arifin lahir dan besar di Bandung, ia sempat menjadi mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan semasa kuliah ia sudah memulai usahanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door.

Diketahui, sebelum tutup usia, Arifin pernah ditunjuk sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 yang langsung dilantik oleh Presiden Joko Widodo. (tfk)