Selaraskan Program Sinergitas, Pemkot dan Pengurus PWI Jaksel Gelar Audiensi

Audensi Pemkot dan PWI Jaksel (yor)

Jakarta,Dekannews Upaya membangun dan mendukung serta menyelaraskan program Sinergitas dan kerjasama yang baik di bidang Komunikasi informasi dan pemberitaan, PWI Koordinatoriat Jakarta Selatan (Jaksel) melakukan Audiensi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (6/4/2021).

Kegiatan (audiensi) ini digelar di ruang rapat Wakil Walikota Jakarta Selatan.

Ketua Koordinatoriat PWI Jakarta Selatan, Edi Kuswanto mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Sekretaris Kota Jaksel dan jajarannya.

“Jadi kedatangan kita untuk mengenalkan kepengurusan PWI Jakarta Selatan. Itu menyusul telah menerima SK kepengurusan dari PWI Provonsi DKI Jakarta.  Dimana anggota PWI Jakarta Selatan tercatat ada 35 wartawan berkompeten dan seluruh media yang tergabung di PWI Jakarta Selatan telah terverifikasi Dewan Pers. Tentu ini adalah langkah baik untuk bersinergi dengan pemerintah sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai pers, mendukung kepemerintahan Wali Kota Jakarta Selatan,” kata Edi sembari memperkenalkan seluruh pengurus Koordinatoriat PWI Jakarta Selatan, Selasa, (6/4/2021).

Disamping itu, sejumlah pengurus PWI Jakarta Selatan melalui seksi bidang kerja masing-masing memaparkan program kerja baik jangka pendek mau pun jangka panjang. tak hanya memaparkan program dan sinergitas, ketua bidang masing-masing juga  memberikan masukan sejumlah permasalahan yang berada di wilayah kerja Pemerintah kota Jakarta Selatan. 

Salah satunya, pemerintah harus memberikan akses yang luas mau pun nara sumber yang juga berkompeten dibidang masing-masing. Sehingga dalam penyampaian publikasi dan informasi kepada masyarakat adalah informasi yang baik dan benar sesuai fakta. 

“Untuk menghindari dan menangkal berita bohong atau hoax maka kami meminta kepada pemerintah kota Jakarta Selatan melalui Sekretaris Kota Bapak Munjirin agar membuka keran informasi kepada seluruh jajarannya untuk memberikan keterangan yang baik dan benar sesuai fakta agar kita sama-sama bisa menghindari berita bohong atau hoax. Kita (Koordinatoriat PWI Jakarta Selatan-red) tentu akan mendukung semua kebijakan pemerintah kota dari semua aspek, berdasarkan kesesuaian dengan aturan yang ada. Dan kita akan mengkritisi kebijakan pemerintah yang keluar dari jalur,” pungkas Edi.

Sementara itu, Sekretaris Kota Pemerintah Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan bahwa pemerintah kota Jakarta Selatan beserta seluruh jajaran dibawahnya bersedia memberikan informasi apa pun yang diperlukan wartawan di Koordinatoriat Jakarta Selatan. Bahkan Munjirin juga meminta kepada Pengurus Koordinatoriat PWI Jakarta Selatan untuk membantu menepis pemberitaan yang tidak benar alias berita Hoax.

“Saya mohon PWI Jakarta Selatan bisa bekerjasama secara positif menginformasikan dan memberitakan program Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang sudah baik. Sebab pemerintah Kota Jakarta Selatan selalu bekerja keras mewujudkan kota Jakarta Selatan menjadi kota yang lebih baik dan program Jakarta Selatan KOMPAK bisa terwujud dengan lebih baik,” papar Munjirin.  

Selain itu Munjirin juga merespon baik paparan dari pengurus PWI Jakarta Selatan yang akan melaksanakan kembali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan yang bertugas di Jakarta Selatan. Sebab, menurut Munjirin, hal tersebut sejalan dengan peningkatan SDM jurnalis sesuai dengan aturan yang ada.

“Semoga dengan diadakannya kembali UKW ini kita berharap wartawan-wartawan yang ada di Kota Jakarta Selatan semakin meningkat mutunya dalam memberikan berita yang akurat dan terpercaya,” tutup Munjirin.(yor)