Secara Gotong Royong Kawasan di Jalan Cemara Sunter Agung Dilakukan Penataan

Penataan Jalan Cemara Sunter Agung

Jakarta, Dekannews - Jalan Cemara RT 08 RW 06 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok menjadi lokasi prioritas kegiatan penataan kawasan di wilayah Kelurahan Sunter Agung. Berbagai upaya perbaikan dan peningkatan lingkungan telah dilakukan oleh jajaran Kelurahan Sunter Agung bersama lintas sektor dan masyarakat setempat. 

"Adanya program penataan kawasan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bukan hanya pihak kelurahan dan kecamatan saja yang turun tapi semua ikut membantu termasuk lintas sektor dan masyarakat juga ikut terpanggil dalam membenahi lingkungannya," ungkap Sekretaris Kelurahan Sunter Agung, Nani Sulistianingsih saat monitoring penataan kawasan RW 06 Kelurahan Sunter Agung, Senin (10/4). 

Saat peninjauan lokasi penataan kawasan, Sekretaris Kelurahan Sunter Agung didampingi oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Sunter Agung, Kusmadi. "Partisipasi dari unsur di lingkungan tersebut juga sangat membantu khususnya RT, RW, dan masyarakat setempat. Secara bergotong royong kita tata kawasan ini agar terlihat lebih rapi, indah, dan hijau royo-royo," ujar Nani Sulistianingsih. 

Untuk proses pengerjaan kegiatan penataan kawasan di Jalan Cemara RW 06 Kelurahan Sunter Agung membutuhkan waktu sekitar 2 bulan. "Teman-teman PPSU Kelurahan Sunter Agung juga berkreasi dengan membuat beragam lukisan mural seperti buah-buahan, kampanye lingkungan, dan lainnya. Hadirnya mural di lokasi yang menjadi titik pertemuan tiga gang itu akan semakin memperindah tampilan Jalan Cemara," terangnya. 

Sejumlah upaya penataan yang sudah dilakukan diantaranya pengurasan saluran, perbaikan jalan, penempatan penutup diatas saluran, potnisasi, mural, pemasangan cermin cembung, dan hal lainnya. "Selaku pengurus wilayah dan masyarakat, kami sangat berterima kasih karena sudah dilakukan penataan kawasan di lokasi ini. Jalanannya bagus sudah rata dan diaspal, got ditutup jadi lebih aman, penghijauan, dan lukisan mural di sepanjang jalan," tutur Ketua RW 06 Kelurahan Sunter Agung, Supratman. 

Adanya kegiatan penataan kawasan akan menggugah kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat lingkungannya. "Dengan tertatanya wilayah ini, sedikit banyak warga disini sudah ikut andil dalam kegiatan pembersihan jalan dan menambah penghijauan dengan memperbanyak jumlah tanaman. Nanti mau kita hijaukan lagi supaya lokasi ini bisa jadi contoh bagi gang-gang yang lain," tambahnya. ( Imas )