Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa & Mahasiswi UMB Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi di Tangerang

pelaksanaan sosialisasi dalam kuliah peduli negeri

Dekannews - Jumat (18/11/22) Mahasiswa Berjurusan Digital Communications Universitas Mercu Buana sudah melakukan Kegiatan Sosialisasi secara offline di SMK Islam Insan Mulia Tangerang yang bertema “Melatih Kepercayaan Diri dengan Public Speaking melalui Social Media untuk Siswa & Siswi SMK Islam Insan Mulia”. Kegiatan ini dilakukan oleh Kelompok 4 untuk memenuhi sebagai syarat kelulusan salah satu mata kuliah, yaitu Kuliah Peduli Negeri.
Keseluruhan pelaksanaan acara kegiatan sosialisasi ini dapat dibilang berjalan dengan lancar. Acara ini dipandu oleh dua MC yaitu Alya Salsabilla dan Windi Noftri Anissa dimana mereka berdua dapat mengiringi acara hingga akhir. Pelaksanaan acara dimulai dari sambutan pembukaan dari Ketua Pelaksana Muhammad Adiel Fasshan serta didampingi oleh pembimbingnya Ibu Rika Jessica Rahma. “Harapan saya dengan kegiatan sosialisasi ini para siswa-siswi di SMK Islam Insan Mulia mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan serta pembelajaran dari materi melatih kepercayaan diri dengan Public Speaking di media sosial” ujarnya.
Kemudian dilanjutkan dengan sepatah kata dari Ibu Rika Jessica Rahma, “Para kakak mahasiswa mahasiswi ini sudah meluangkan waktunya untuk membuat sebuah materi yang dapat mudah dipahami serta memberikan ilmu untuk kalian semua siswa siswi agar kalian bisa mengembangkan kepercayaan diri kalian lebih menonjol, dan kami harapkan ilmu yang kami berikan akan tersampaikan kepada kalian” ucap beliau.
Menyambangi inti dari rangkaian kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini, yaitu sesi pemaparan materi. Bagian pertama dalam penyampaian materi dimulai dari Alya Salsabila. Pada bagian pertama, Alya sebagai pelaku pemaparan materi menjelaskan tentang penjelasan atau gambaran umum tentang percaya diri, pentingnya mempunyai rasa percaya diri, bagaimana kaitan percaya diri dengan public speaking, dan mengelaborasikan ciri-ciri orang yang memiliki percaya diri.

Sebelum melanjutkan materi, pembimbing Ibu Rika menjabarkan materi percaya diri dalam Public Speaking melalui media sosial dengan memberikan contoh-contoh nyata seperti Content Creator  Marshel Widianto, Bintang Emon, Raditya Dika, dll.

Kemudian disambungkan kembali pemaparan materi oleh Windi Noftri Anissa yang berisi tentang penyebab seseorang kurang percaya diri, cara-cara membangun rasa percaya diri, menjelaskan proses pembentukan rasa percaya diri dan memberikan contoh cara melatih rasa percaya diri.



Sepanjang sesi penjelasan materi ini, Seluruh siswa siswi SMK Islam Insan Mulia menampakkan sebuah suasana energik terhadap kelompok kami, mereka dapat mengekspresikan pendapat/tanggapan mereka dan juga memiliki keingintahuan terhadap materi yang sudah dijelaskan. Hal tersebut menciptakan adanya hubungan yang serasi hingga dapat mengkomunikasikan dengan baik.
Setelah sesi pemaparan materi, ada agenda untuk memberanikan kepada para peserta untuk memberikan contoh public speaking dengan menyampaikannya dengan cara masing-masing dengan bertema sebagai Content Creator serta akan mendapatkan hadiah kepada 7 orang pertama yang berani untuk menunjukan performa mereka, hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta tersebut.


Lalu menlanjutkan ke sesi selanjutnya yaitu agenda games, pada sesi ini panitia kelompok 3  sudah menyiapkan games untuk para peserta dengan bertujuan mencairkan suasana pada kelas tersebut. Games yang dilaksanakan pada agenda tersebut merupakan tebak brand logo dengan pembagian kelompok menjadi 6 yang terdiri dari 4 orang perbaris. Masing-masing perbaris akan diberikan gambar dimana peranggota tersebut jika dapat menjawab dengan benar maka akan meneruskan hingga individu yang terakhir, jika tidak dapat menjawab maka akan dilempar ke rekannya atau jika satu kelompok tidak ada yang bisa menjawab maka akan dilempar kepada kelompok lain yang bisa menjawab dan poin tersebut akan terhitung kedalam kelompok tersebut.
Sebelum melakukan penutupan, panitia kelompok 4 memberikan hadiah kepada 3 kelompok yang memperoleh poin-poin dari agenda games sebelumnya. Hal ini dilakukan karena mereka sudah memenangkan permainan tersebut dan sebagai bentuk apresiasi dan tanda ucap terima kasih kepada seluruh siswa/i SMK Islam Insan Mulia yang sudah mengikuti agenda kami dengan semangat dan antusias.

Kami dari Kelompok 4 selaku pelaksana Kuliah Peduli Negeri sangat amat berterima kasih kepada pihak mitra yaitu SMK Islam Insan Mulia, khususnya kepada Bapak Septian Aditya selaku guru dari perwakilan SMK Islam Insan Mulia, Tangerang yang sudah menerima kedatangan kami dengan sangat baik dan memberikan kepercayaan pada kami untuk mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri dari awal hingga acara selesai.
Serta kami juga berterima kasih kepada Mas Rahmat Ananda Margiyanto selaku salah satu staff CSR Pendidikan dari perwakilan Sinarmas sebagai sponsor kami dalam kegiatan Kuliah Peduli Negeri kami. Dan terakhir kami berterima kasih kepada Ibu Rika Yessica Rahma sebagai pembimbing kami dalam agenda acara sosialisasi dan juga kepada Ibu Muthia Rahayu sebagai dosen mata kuliah ‘Kuliah Peduli Negeri’ kami. Kami tentunya berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, materi yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik dan pihak Universitas Mercu Buana dapat menjalin relasi yang baik dengan pihak SMK Islam Insan Mulia, Tangerang kedepannya. (tfk)