SDA Kecamatan Penjaringan Tinggikan Tanggul Untuk Antisipasi Rob

Peninggian Tanggul

Jakarta, Dekannews - Satuan Tugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan melakukan peninggian tanggul di Jalan Pendaratan Udang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Kamis (5/1). Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi naiknya air laut ke permukaan di wilayah Jakarta Utara. 

"Dikerjakan mulai hari ini oleh sebanyak 21 petugas SDA Kecamatan Penjaringan," kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan, Pendi. 

Pendi menerangkan pembuatan tanggul tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut arahan Kadis SDA Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal. 

"Sebagai antisipasi penanggulangan naiknya air laut ke daratan atau biasa disebut rob. Menurut rencana tanggul tersebut akan memiliki panjang 47 meter, lebar 50 sentimeter, dan tinggi 50 sentimeter. Dalam peninggian tanggul tersebut kami buat kerangka tambahan untuk memperkuat tanggul baru dari yang sudah ada atau tanggul eksisting," ungkapnya. 

Pendi berharap apa yang dikerjakan SDA Kecamatan Penjaringan dapat mengurangi dampak dari rob yang datang. 

"Waktu pengerjaan diperkirakan akan selesai dalam dua minggu. Semoga dengan bertambahnya tinggi tanggul dapat mengurangi dampak rob di wilayah Jakarta Utara, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa tanpa terganggu," tuturnya. (Imas)