Resmikan Pressroom Dan Gelar Silaturahmi Perpisahan, Ini Kesan Dan Pesan Anies-Ariza Kepada Balkoters

Silaturahmi Perpisahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Dan Wagub Ahmad Riza Patria Dengan Jurnalis di Balaikota. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan ruang kerja wartawan atau pressroom Balai Kota-DPRD DKI Jakarta. Dalam kesempatan itu juga Anies-Riza menggelar silaturahmi perpisahan dengan jurnalis Balaikota (Balkoters).

Anies merasa bersyukur bisa menuntaskan lima tahun masa jabatan periode 2017-2022. Dia mengaku bangga bisa menyelesaikan tugasnya sebagai pemimpin Jakarta mengingat pada tahun 2018 pernah dua kali ditawari partai untuk ikut kontestasi pencapresan namun ditolaknya.

"Saya waktu itu dilantik jadi gubernur pada Oktober 2022. Setahun kemudian saya ditawari oleh partai sebanyak dua kali. Ada yang minta saya jadi Capres maupun Cawapres. Tapi saya gak mau karena ingin menuntaskan komitmen sebagai Gubernur DKI,” ujar Anies pada acara silaturahmi bersama wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Pada kesempatan itu dia juga mengucapkan terima kasih kepada Wagub Ariza yang mendampinginya sejak April 2020. Diketahui Anies selama satu setengah tahun bekerja sendirian lantaran ditinggal Wagub Sandiaga Uno yang mengikuti ajang Pilpres 2019.

“Saya bersyukur sekali ditemani Pak Ariza yang menjadi partner memimpin Jakarta. Kami berdua ibarat pasangan pemain badminton yang saling mengisi posisi yang dibutuhkan,” papar Anies pada acara yang juga dihadiri Wagub Ariza, Plt Kadis Kominfo, Ketua Kordinatoriat Wartawan Balaikota dan DPRD DKI, Sammy Edward Wattimena, dan 70-an wartawan cetak dan online. 

Anies juga mengucapkan terima kasih sekaligus berpamitan kepada wartawan yang bertugas meliput di Balaikota-DPRD DKI yang telah menjadi mitra media selama lima tahun terakhir. “Selain berterima kasih saya juga sekalian pamit. Meski nanti saya sudah tidak lagi jadi gubernur, tapi kita harus tetap berjalan bersama,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Ariza mengucapkan terima kasih kepada Anies. Kata dia, selama bekerjasama dengan Anies, banyak hal menjadi pelajaran bagi dirinya.

“Saya termasuk orang yang beruntung bisa mendampingi Pak Anies selama dua setengah tahun. Banyak keteladanan dari Gubernur yang saya pelajari. Dan kami bangga bisa membangun Jakarta yang bukan cuma memenuh target ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’ namun juga membangun Jakarta sebagai kota global,” ujar Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta.

Ariza minta maaf kepada wartawan jika selama tugasnya sebagai Wagub, tak pernah menjawab telepon maupun WA dari jurnalis. “Sebab, tugas Wagub sangat padat. Tapi saya selalu usahakan untuk memenuhi permintaan wawancara secara mendadak atau doorstop, tiap hari, baik pagi siang dan malam,” terang Ariza.

Sammy mewakili seluruh anggota Balkoter mendoakan Anies-Riza sukses dalam ajang pesta demokrasi 2024. “Kami doakan semoga Pak Anies bisa menjadi pemenang pada Pilpres 2024. Begitu pula Pak Ariza bisa memenangkan Pilkada DKI 2024 dan menjadi Gubernur,” kata Sammy. 

Acara dimeriahkan dengan penarikan doorprise berhadiah aneka barang elektronik, sepeda, dan lainnya. (Zat)