Resmikan Gedung PYCH, Jokowi: Saya Dukung Munculnya Talenta Muda Papua

Jokowi didampingi Kepala BIN Budi Gunawan resmikan PYCH (ist)

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku bangga atas keberadaan PYCH di Tanah Papua.

"Pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga, karena permintaan 23 anak muda Papua saat itu yang saya undang ke Istana untuk memiliki sebuah ruang untuk pemberdayaan, peningkatan kualitas SDM, hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura," kata Presiden Jokowi.

Presiden juga berdecak kagum atas berbagai prestasi yang dibesut para pemuda Papua di PYCH.

"Saya sangat kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini, mulai dari pembuatan handphone, laptop, podcast, studio musik, fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di Tanah Papua dengan kemasan dan branding yang sangat bagus sekali. Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak muda di Provinsi lain ketinggalan dengan anak muda di Papua," ungkapnya.

Menurutnya, PYCH dibangun karena pemerintah ingin memberikan kesempatan bagi anak muda yang memiliki talenta untuk berkreasi.

"Karena saya melihat peluang di Tanah Papua itu masih sangat besar sekali, untuk anak-anak muda bisa masuk. Dan ini kita harap dapat memberikan peningkatan kesejahteraan pada masyarakat Papua yang kita cintai," tutur Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan akan memberi ruang yang sebesar-besarnya setelah bertemu dengan komunitas PYCH. Kemudian ada ide membuat PYCH di tempat ini atas arahan lapangan, masukan-masukan lapangan yang didapatkan dari Kepala BIN.

"Ini di Indonesia yang pertama di Papua, saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh mulai tahun ini, sehingga selesainya tahun depan dengan meniru semua yang ada di sini, ini sudah sangat bagus sekali," harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, yang turut hadir dalam peresmian PYCH mengungkapkan, peresmian gedung tersebut merupakan bentuk komitmen Presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua. 

Kepala BIN juga menjelaskan bahwa visi misi PYCH menjadi motor penggerak dengan kemitraan berbagai stakeholder. 

"PYCH harus jadi tonggak pemuda Papua.  Kami optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM Pemuda Pemudi Papua. PYCH akan menciptakan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi serta seni budaya, dan lain-lain," tutur Kepala BIN.

Papua, menurutnya, memiliki tempat khusus di hati Presiden. Dengan perhatian khusus pembangunan termasuk pembangunan SDM Papua dan pengembangan SDM Putra Putri Papua. Oleh sebab itu, mereka semakin mencintai Presiden.  

Hingga saat ini, sudah ada banyak manfaat yang diperoleh dari Gedung PYCH ini. Beberapa usaha yang diinisiasi oleh PYCH binaan BIN sudah dapat dirasakan manfaatnya. (tfk)