Rencana Pembelian Pompa Kuras Sumur Resapan, Pemprov DKI Dicap Pemborosan

Sumur Resapan. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menilai rencana Pemprov DKI membeli pompa kuras untuk pemeliharaan sumur resapan pemborosan anggaran .  

Sebab program sumur resapan sejatinya untuk menampung limpahan air dan memasukkan air tersebut ke dalam tanah. Namun dengan adanya pembelian pompa, program sumur resapan telah gagal.  

Karena itu Ketua Fraksi PSI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo menolak rencana pembelian pompa untuk kuras. "Sama saja sebagai bak penampungan air biasa saja," ujar Anggara di Jakarta, Jumat (20/5). 

Anggara mengingarkan agar Pemerintah DKI lebih efektif untuk mengalokasikan anggaran terkait penanganan banjir. Apalagi terkait penggunaan anggaran yang tidak sedikit. 

"Makanya kami ingatkan dari awal, jangan cuma kejar target jumlah saja tapi diukur manfaat dan perhitungan ke depannya," papar Anggara.

Dia  juga menambahkan bahwa dibutuhkannya pompa penguras menjadi indikasi bahwa pemilihan lokasi sumur resapan cenderung asal-asalan. 

"Logikanya kalau kita butuh pompa penguras, pilihan lokasi pembangunan sumur resapan tidak ideal dengan tujuannya membuat air meresap ke tanah. Jangan sampai pengeluaran kita untuk program yang tidak efektif ini membengkak setiap tahunnya," tutup Anggara. (Zat)