Hujan Deras, Sejumlah Jalanan Ibukota Lumpuh Total Tergenang Air

Genangan air yang merendam jalanan ibukota(tfk)

Jakarta,Dekannews-Hujan deras yang mengguyur ibukota pada Selasa (18/1) siang, membuat sejumlah ruas jalan tergenang air. Akibatnya arus lalu lintas di sejumlah jalanan di Jakarta lumpuh total.

Seperti di sepanjang jalan DI Panjaitan Cawang atau by pass Jakarta Timur hingga Jalan Ahmad Yani Rawasari Jakarta Pusat dan Jalan Yos Sudarso Jakarta Utara.

Akibat genangan air yang cukup tinggi, membuat ruas jalan di jalur lambat tak bisa dilalui kendaraan, seperti di Jalan DI Panjaitan Cawang, Jalan Ahmad Yani Cempaka Putih hingga Jalan Yos Sudarso tepatnya depan fly over Sunter. Baik dari arah Cawang menuju Tanjung Priok maupun arus sebaliknya.

Para pengguna jalan baik pengendara roda empat maupun roda dua, lebih memilih melalui jalur cepat yang genangan airnya lebih rendah. 

Kemacetanpun tak dapat terhindarkan, arus lalu lintas menjadi lumpuh total akibat para pengendara harus antri masuk ke jalur cepat.

Tak hanya itu para pengendara roda dua yang nekad menerobos genangan air, membuat kendaraannya mogok dan memperparah kemacetan lalu lintas.

Genangan air ini sendiri akibat dari saluran drainase yang buruk, dan kerap terjadi jika hujan deras turun. 

Ironisnya, tak ada satupun petugas yang terlihat memperbaiki drainase air, hanya terlihat warga sekitar yang membantu mengatur arus lalu lintas.

Menanggapi hal ini, pengamat kebijakan publik Sugiyanto mempertanyakan keseriusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengendalikan banjir di Jakarta.

"Anggaran besar hingga triliunan rupiah telah digelontorkan untuk mengendalikan banjir di Jakarta, tapi hasilnya tak kelihatan. Bahkan hujan sebentar saja genangan air di jalanan akibat buruknya drainase saja masih terus terjadi. Akibatnya lalu lintas menjadi lumpuh, dan warga terus menderita kerugian. Ini mau sampai kapan,"tutur pria yang akrab disapa SGY ini.