Rebut 3 Emas SEA Games 2023, Tim Esports Indonesia Ditargetkan Tembus Level Dunia

Tim Esports Indonesia berfoto bersama setelah kepulangan dari SEA Games 2023 Kamboja

Jakarta, Dekannews - Tim Esports Indonesia pulang disambut sebagai pahlawan setibanya di tanah air usai berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Sambutan meriah ini diberikan tim Komite Olimpiade Indonesia (NOC) setelah Tim Esports memborong medali SEA Games 2023.

Indonesia menjadi juara umum di cabor esports dengan membawa pulang lima medali. Terdiri dari tiga emas dan dua perak.

Skuad Garuda memperoleh tiga emas dari nomor pertandingan Mobile Legends Putri, Valorant kategori tim, PUBG Mobile kategori tim, serta dua perak dipersembahkan oleh Timnas Crossfire PUBG Mobile solo.

Satu per satu atlet esports Indonesia dikalungi bunga oleh perwakilan NOC, PB Esports, Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan KONI.

Kabid Hukum dan Legalitas PB Esports Indonesia Yudistira Adi Pratama mengatakan, kepulangan tim menjadi pencapaian dan wujud kerja keras.

"Saya ucapkan terima kasih atas perjuangan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional," kata Yudis di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (16/5).

Sekjen NOC Indonesia Harry Warganegara mengucapkan terima kasih kepada tim esports selama persiapan hingga pertandingan.

"Kalian membuktikan bahwa semua itu tak ada yang percuma," ucap Harry seraya disambut tepuk tangan meriah.

Ia menuturkan, di Asian Games akan ada pertandingan esports. Indonesia pun diharapkan mampu bersuara di level yang lebih tinggi.

"Yang dapat medali bisa dipertahankan untuk maju ke tingkat Asia dan dunia," ujar Harry.

Sementara itu, salah satu pelatih tim PUBG Mobile Jendra 'Capt' Wahyudi menuturkan adanya dugaan kecurangan yang mereka alami mampu diatasi dengan baik.

"Kami bisa aware dengan baik. Termasuk antisipasi dengan baik. Anak-anak juga tak terpengaruh secara mental," ungkap dia.

Jendra menuturkan, mayoritas tim yang dikirim adalah baru.

Nantinya, tim ini akan dibubarkan dan dirancang kembali komposisi baru yang lebih baik.

"Saya sebagai pelatih cari pemain yang perform baik. Yang belum dipanggil pun belum tentu kurang baik, namun akan dipanggil sesuai yang cocok dengan strateginya," ungkap Jendra.

Anggota Timnas PUBG Indonesia Teuku Muhammad 'Ponbit' Kautsar menyebut, meski baru mengenal rekan setimnya, namun ia bisa beradaptasi dengan baik.

"Selama di pelatnas kan kita apa-apa bareng. Jadi di sana bisa mengenal satu sama lain dengan cepat," ungkap Teuku yang menyebut medali ini ia persembahkan ke kedua orang tuanya.

Sekadar informasi, seluruh pertandingan di cabor esports berlangsung sejak tanggal 6-15 Mei 2023. Para atlet tampil di dua lokasi berbeda, yakni Olympia Mall dan NagaWorld Entertainment Complex, Phnom Penh, Kamboja.

Total ada sembilan nomor pertandingan yang diselenggarakan oleh Kamboja selaku tuan rumah.

Di sini, skuad Garuda hanya berpartisipasi di enam nomor pertandingan saja, di antaranya Mobile Legends Putra dan Putri, Valorant tim, PUBG Mobile tim dan solo, serta Crossfire. RED