Putu Arka Barista Cilik Ikon 'Dunia Kopi', Berawal dari Hobby

Putu Arka Sedang Meracik Kopi Latte

Jakarta,Dekannews-Menyajikan kopi nikmat yang digemari banyak orang, bukanlah pekerjaan mudah. Butuh pengetahuan dan ketrampilan khusus seputar kopi yang harus dimiliki seorang Barista.

Itulah yang saat ini dimiliki Putu Arka SW, seorang Barista cilik berusia 12 tahun, yang saat ini menjadi ikon 'Dunia Kopi', sebuah toko dan kedai kopi yang berada di Pasar Santa Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Berbeda dengan anak seusianya, di usianya yang terbilang masih sangat muda ia sudah sibuk dengan aktifitasnya meracik kopi, yang baginya sudah menjadi hobby.

Berawal dari kegemarannya menikmati kopi gula aren, dan melihat berbagai karya kopi latte, membuat Arka sejak 3 bulan lalu tertarik mempelajari cara meracik kopi yang baik dan digemari banyak orang.

Kebetulan di masa pandemi covid 19 ini, Arka yang masih duduk di bangku kelas 7 SMP ini bersekolah secara online, sehingga
memiliki banyak waktu luang. 

Memanfaatkan waktu luang itulah, ia menyalurkan hobby mempelajari cara meracik dan menyajikan kopi melalui chanel youtube dan para seniornya yang ada di kedai 'Dunia Kopi'. Terlebih kedua orang tuanya sangat mendukung aktifitas positifnya tersebut.

Kini berbagai kemampuan dalam menyajikan dan berkreasi kopi latte seperti love, pegasus, monkey, gajah, rosetta dan sebagainya telah ia miliki.

Namun begitu Arka yang memiliki keinginan menjadi Barista profesional tersebut, mengaku terus belajar dan mengasah kemampuannya menjadi seorang barista. 

"Saya harus terus belajar agar bisa seperti senior - senior saya, khususnya dalam menjaga konsistensi rasa dan menciptakan kreasi baru,"ujarnya.

Untuk mengasah kemampuannya, ia mengaku setiap hari terus belajar meracik kopi baik di rumah maupun dengan para seniornya yang ada di kedai 'Dunia Kopi'.