Puluhan Pohon Pelindung Ditanam di Sisi Tol Jalan Pluit Karang Karya 6

Penanaman Pohon Pelindung

Jakarta, Dekannews - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memastikan kian menggiatkan penanaman pohon di seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan. 

Salah satu titik lokasi penanaman pohon yakni di sisi Tol Prof. DR. Ir. Sedyatmo, Jalan Pluit Karang Karta 6, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (27/12). 

Camat Penjaringan, Depika Romadi mengatakan penanaman pohon merupakan upaya penghijauan sekaligus menjaga stabilitas air tanah. 

Saat ini, lima puluh pohon jenis Pohon Hujan atau Spathodea Campanulata telah ditanam di lokasi tersebut. 

"Targetnya seratus pohon yang akan kami tanam di lokasi tersebut. Penanaman masih berlangsung, sementara sudah lima puluh pohon yang ditanam," kata Depika Romadi saat dikonfirmasi, Selasa (27/12). 

Bukan hanya penghijauan dan menjaga stabilitas air tanah, dijelaskannya penanaman pohon juga sebagai upaya penataan lingkungan. Apalagi lokasi tersebut menjadi wajah pertama Jakarta yang dilihat selepas dari Bandara Soekarno-Hatta. 

"Penanaman pohon ini juga untuk penataan karena lokasi dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta Hatta dan semua orang dari dalam dan luar negeri pasti melihat lokasi tersebut. Untuk itu kami tata dengan menanam pohon di sana," jelasnya.

Dia menerangkan, penanaman pohon yang rata-rata setinggi lima meter tersebut dibantu ratusan petugas gabungan, baik dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara hingga petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) se-Kecakatan Penjaringan. 

"Pohon ini berasal dari taman bibit milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta. Jadi kami juga turut meminta bantuan kolaborasi dengan Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Utara dan Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara untuk mengangkut pohon ke lokasi penanaman," tutupnya. IMAS