PSI Pinta Pj Gubernur Heru Budi Lindungi Ketua RT di Pluit

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana (berbaju kota hitam-putih) memberi dukungan moril pada Ketua RT 011/RW 003 Pluit, Jakarta Utara.

Jakarta, Dekannews - Pembongkaran ruko di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara yang memakan badan jalan tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Terbaru, Ketua RT 011/RW 003 Pluit, Riang Prasetya mendapat protes dari para pemilik ruko lantaran mereka tak terima bangunan usahanya dibongkar.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana mengatakan, mestinya warga memberi dukungan moril pada Ketua RT yang sudah berani menegakkan aturan terkait tata kota di wilayahnya.

"Apa yang dilakukan Pak Riang merupakan hal yang benar dan tepat. Saya memberikan support dan dukungan moril pada Pak Riang. Kita harus mulai dengan membiasakan yang benar bukan membiarkan yang salah," ujar Justin di Jakarta, Senin (29/5).

PSI meminta Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono untuk melindungi keselamatan Ketua RT dari tekanan atau potensi persekusi dari kelompok yang tidak menyukai upaya pembongkaran ini.

Justin juga mengatakan, penegakan sudah dilakukan oleh Pemprov DKI sesuai prosedur. Menurutnya, polemik ini adalah masalah tata kota yang sudah menjadi problem lama, dan terjadi di banyak daerah lain di ibukota.

"PSI mendorong Pj Gubernur DKI untuk lebih tegas dalam penindakan masalah tata ruang di DKI Jakarta. Perlu penegakan aturan terkait tata ruang untuk nantinya menjadi cikal bakal pembenahan permasalahan lain," ungkapnya.

Terkait masalah ekonomi yang dialami oleh pemilik ruko, Justin mengatakan, tetap mendukung jalannya kawasan kuliner ini yang bisa menyerap tenaga kerja. Tapi, bukan berarti aturan yang ada dapat dilanggar.

"Saya harus sampaikan, saya pro dengan kegiatan ekonomi wisata kuliner di sini. Tapi, jangan sampai kepentingan kita mengorbankan aturan yang bisa menyebabkan kerugian bagi kita secara menyeluruh nantinya," tegas Justin. RED