Protes Kebijakan Soal Tambang, Aliansi Masyarakat Babel Bakal Demo Pj Gubernur

Aktifitas Tambang

Babel, Dekannews - Ketua GAM (gerakan Aliansi Masyarakat) Bangka Belitung Batara Harahap geram akan kebijakan yang di lakukan oleh PJ Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin yang juga rangkap jabatan sebagai Dirjen Minerba yang berpotensi menciptakan ketidak stabilnya kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat Babel, khususnya masyarakat yang menghidupkan perekonomiannya dari aktivitas tambang.

"Kami seluruh aliansi masyarakat di Babel akan geruduk kantor tempat Bj Gubernur pada tanggal 14 Maret 2023 mendatang , setelah pj Gubernur ini bekerja banyak sekali menimbulkan kegaduhan seperti harga timah yang anjlok hingga 50 persen , sehingga timbul huru-hara di sana sini , banyak pedagang dan kolektor tambang yang terkena dampak nya , sama-sama kita tahu masyarakat di sini kehidupan ekonomi tergantung dengan pertambangan , nah sekarang Pj menertibkan tambang tanpa solusi," terangnya saat di wawancarai melalui sambungan selular, Minggu (5/3).

Batara membeberkan tujuan aksi demo dan tujuan unjuk rasa aliansi masyarakat di Babel atas kebijakan PJ yang saat ini meresahkan masyarakat di Bangka Belitung.

"Aksi demo nanti kami meminta PJ Gubernur turun dari jabatan, dan meminta kepada pak Tito Mentri dalam Negeri meminta untuk meninjau kembali PJ kami warga Babel tidak butuh pemimpin yang menyengsarakan masyarakat sendiri dan satu lagi rekan pak PJ Buyung Kodri dia itu penipu ,banyak warga yang telah di tipu oleh dia," ungkapnya .

Ketua GAM menyampaikan ada ribuan warga masyarakat dari berbagai kabupaten, khususnya yang selama ini bekerja disektor tambang rakyat.  Babel yang akan turun ke kantor PJ .

“Untuk peserta aksi nanti, tidak hanya dari Bangka Selatan saja, namun ada juga dari Belitung, Bangka Barat, dan wilayah-wilayah yang ada di Babel. Prediksi kita mungkin kurang lebih seribuan, mungkin bisa sampai dua ribuan lah,” jelasnya.

“Dan untuk aksi ini kita tidak mengajak masyarakat secara terbuka, tapi kalau ada masyarakat ingin sama-sama untuk berpartisipasi dalam menyuarakan aspirasinya, silahkan bergabung, dan ini adalah aliansi Masyarakat Bangka Belitung,” kata Batara.

Ia juga menjelaskan, bahwa inti dari reaksi masyarakat ini dipicu oleh kebijakan yang dirasa dapat mengusik sendi-sendi perekonomian masyarakat Babel. Khususnya masyarakat yang selama ini sudah terlibat dalam budaya pertambangan, selain itu aliansi masyarakat di Babel meminta pada Mentri Dalam Negeri segera meninjau rangkap jabatan yang di pangku oleh Ridwan Djamaluddin . RED