Posko Antigen Polsek Kep Seribu Selatan, Swab Antigen 16 Warga

Suasana Swab Antigen di Kep Seribu Selatan(ist)

Jakarta,Dekannews- Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Polsek Kepulauan Seribu Selatan Polres Kepulauan Seribu bersama Satgas Covid-19, Tim Kampung Tangguh Jaya dan tenaga kesehatan Puskesmas melakukan testing dengan memberikan pelayanan swab antigen gratis di Posko Antigen Polsek Kepulauan Seribu Selatan kepada warga pulau yang kembali dari bepergian keluar pulau. Senin (24/05/2021).

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian SIK melalui Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan AKP Wisnu Wardono mengatakan, bahwa pihaknya bersama Satgas Covid, Tim Kampung Tangguh Jaya dan Tenaga Kesehatan Puskesmas terus melakukan testing dengan memberikan pelayanan swab antigen gratis kepada warga pulau yang yang baru kembali dari bepergian keluar pulau.

Warga pulau yang baru tiba di Dermaga Kedatangan di pulau pemukiman setelah dilakukan cek suhu badan dilanjutkan dengan swab antigen di Posko-posko yang sudah disiapkan.

"Hal ini kami lakukan sebagai upaya mendeteksi dan mengetahui lebih awal apakah warga yang seusai bepergian keluar pulau dan kembali lagi dalam keadaan sehat dan tidak terpapar Covid-19," kata Wisnu Wardono.

Wisnu menambahkan, bahwa pihaknya tidak mau kecolongan adanya warga yang kembali ke pulau dalam keadaan tidak sehat atau terpapar Covid-19.

Bila ditemukan adanya warga yang hasil swab antigen nya reaktif maka dilanjutkan dengan swab PCR oleh Sudin Kesehatan, sementara menunggu hasil swab PCR warga diwajibkan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan Satgas Covid-19.

Jika hasilnya positif dan tidak bergejala warga diminta untuk melanjutkan isolasi mandiri nya, namun jika positif bergejala akan kita rujuk ke Rumah Sakit.

"Alhamdulillah, dari 16 warga yang menjalani swab antigen di Posko Polsek Kepulauan Seribu Selatan semua hasilnya non reaktif," ujarnya.

Tercatat, dari 16 warga yang swab antigen, 8 orang swab di Posko Pulau Untung Jawa, 2 orang di Posko Pulau Tidung dan 6 orang di Posko Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.(tfk)