Petugas PPSU Kelurahan Tugu Selatan Dianugrahi Pahlawan Lingkungan

Kamdani Petugas PPSU Kelurahan Tugu Selatan

Jakarta, Dekannews - Seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Tugu Selatan dianugrahi pahlawan lingkungan. Hal tersebut diberikan karena dedikasinya dalam menjaga kebersihan.

"Sambil keliling membawa germot liat botol bekas ambil dan masukan ke dalam karung. Satu-dua lumayan, kalau ada anak-anak yang sedang membersihkan wilayah, ada sampah-sampah yang tidak terkumpulkan saya ambil, lama-lama banyak," kata Petugas PPSU Kelurahan Tugu Selatan, Kamdani, Selasa (12/7).

Dani mengungkapkan barang-barang bekas yang didapatkan beratnya beragam.
"Botol plastik bekas, gelas plastik bekas, dan kardus yang didapat setiap harinya beratnya beragam. Kadang tiga kilogram, lima, sepuluh, dan yang paling banyak sampai dengan 24 kilogram. Semuanya saya kumpulkan dan timbang di bank sampah," ungkapnya.

Dani berharap apa yang dikumpulkan dari memungut barang bekas tersebut dapat berguna dikemudian hari. "Uangnya ditabung, kalau sudah banyak diambil. Duitnya buat tambahan istri lahiran, jajan anak atau ada keperluan mendadak. Terimakasih sudah dibilang pahlawan lingkungan sama pak lurah, semoga apa yang saya lakukan ini bisa berguna untuk diri sendiri dan lingkungan," tuturnya.

Sementara Lurah Tugu Selatan, Sukarmin mengatakan Kamdani atau biasa dipanggil Dani setiap harinya bertugas menjalankan gerobak motor atau germot.

"Salah satu tugas wajibnya membersihkan lingkungan di wilayah Tugu Selatan. Di sela-sela tugasnya, Dani menyempatkan diri mengambil gelas, botol plastik minuman, sampai dengan kardus untuk dikumpulkan," katanya.

Sukarmin menambahkan sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut kemudian dibawa ke bank sampah.
"Sampah-sampah yang berada di saluran air biasanya tidak mau diambil oleh pemulung, teman kita Dani mengambil dan mengumpulkannya untuk disetorkan ke bank sampah," ungkapnya.

Sukarmin mengatakan Dani adalah salah satu sosok pahlawan lingkungan yang harus diberikan apresiasi. "Kami menyatakan dia adalah pahlawan lingkungan karena tidak semua teman-teman PPSU semangatnya seperti Dani, ada yang seperti itu, tapi tidak konsisten sepertinya. Dengan hal tersebut, sosok ini dapat menjadi penggerak buat teman-teman PPSU lainnya. Buat lelaki (Dani) yang sudah bekerja' sejak tahun 2018 itu, biasanya setiap akhir tahun kita memberikan kenang-kenangan atas kinerja yang dilakukan petugas PPSU. Selain itu kami juga berencana meminta pada PT Pertamina selaku ayah angkat bank sampah Kelurahan Tugu Selatan untuk memberinya penghargaan," tuturnya. IMAS