Penuhi Hak Dasar, Anies : Kita Ingin Ada Kesetaraan Mendapatkan Air Minum Mudah Dan Murah

PAM JAYA dan PT Moya Indonesia Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Mengenai Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minuman Melalui Optimalisasi Aset Eksisting dan Penyediaan Aset Baru Dengan Skema Pembiayaan Bundling di Ruang Pola Balaikota Pemprov DKI Jakarta, pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Jakarta, Dekannews - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi kinerja Perumda PAM Jaya yang berhasil menemukan mitra kerja sama baru, yakni PT Moya Indonesia untuk meningkatkan cakupan layanan air bersih di Jakarta.

Menurut Anies kerjasama tersebut, merupakan babak baru untuk mencapai kesetaraan bagi semua kalangan masyarakat Jakarta dalam mendapatkan pelayanan air minum.

"Pemukiman muncul karena ada air, tidak ada air, tidak jadi kota atau kampung. Kita merasakan tantangan untuk penyediaan air minum. Karena itu kami percaya ini adalah sebuah sejarah baru, setelah adanya kerjasama ini nantinya setiap keluarga di Jakarta mendapatkan air minum dengan mudah dan murah," kata Anies.

Pernyataan Anies tersebut disampaikan saat menyaksikan langsung PAM JAYA dan PT Moya Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minuman Melalui Optimalisasi Aset Eksisting dan Penyediaan Aset Baru dengan Skema Pembiayaan Bundling di Ruang Pola Balaikota Pemprov DKI Jakarta, pada Jumat, 14 Oktober 2022.

"Kita ingin hak dasar masyarakat terkait kebutuhan air terpenuhi. Kita ingin masyarakat baik yang tinggal di apartemen, perumahan maupun yang tinggal di rumah gang sempit mendapatkan kesetaraan mendapatkan layanan air minum," sambungnya.

Untuk itu, dia berharap masa transisi pengelolaan air bersih di Jakarta bisa berlangsung dengan baik. Diketahui, kontrak kerja sama PAM Jaya dengan Palyja dan Aetra akan berakhir pada 1 Februari 2023 nanti.

“Mudah-mudahan transisi yang dihadapi PAM. PAM bukan jadi penumpang, tapi ada di kursi driver. Maka kita harap bukan hanya baik di sisi transisi, tapi juga bisa berekspansi memperluas cakupan layanan air. Hari ini menjadi milestone penting untuk peningkatan layanan air minum dan jaringannya,” tandasnya. (Zat)