Pengganti Amali Harus Paham Mengelola Organisasi Olah Raga hingga Loyal ke Jokowi

Waketum PSSI sekaligus Menpora, Zainudin Amali

Jakarta, Dekannews - Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Zainudin Amali bersiap untuk mundur pasca menjabat wakil ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kini, siapa sosok yang bakal menggantikan Amali menjadi tanda tanya.

Sebab, momentum penentuan calom Menpora dianggap menjadi titik yang krusial dalam melihat arah perkembangan Kementerian Pemuda dan Olahraga ke depannya.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan terdapat empat kriteria calon Menpora pengganti Zainudin Amali.

Kriteria pertama calon Menpora adalah sosok yang lebih memahami dan mampu mengelola olahraga dengan lebih baik dibandingkan Zainudin Amali.

Kemenpora tiga tahun di era Amali secara berturut-turut WTP (opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan).

Lalu, prestasi olahraga nasional dan internasional cukup berkembang.

"Artinya, sosok pengganti Amali ini harus lebih berprestasi, paham, dan mampu mengelola olahraga, ini penting," ujar Ujang kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/2).

Kedua, calon Menpora pengganti Amali harus memiliki integritas. Karena hal tersebut merupakan modal besar untuk menjadi seorang pejabat negara, terutama menteri.

Ketiga, secara politik, sosok pengganti Amali harus orang yang bisa diterima semua kalangan.

"Ketika jadi menteri, kan bukan lagi menterinya Partai Golkar melainkan menterinya semua golongan, menterinya semua kepentingan, dan menterinya rakyat," ujar Ujang.

Berikutnya, ia menilai kriteria keempat yang perlu dimiliki calon pengganti Zainudin Amali adalah dikenal dekat dan loyal kepada Presiden Jokowi.

Sekedar informasi, Zainudin Alami telah menyatakan akan mundur dari jabatan Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Zainudin beralasan, sebagai menteri yang membidangi olahraga, tidak adil bila hanya fokus menangani cabang olahraga (cabor) tertentu, yakni sepak bola.

Jokowi telah membenarkan bahwa Zainudin Amali mengajukan permohonan pengunduran diri secara informal kepadanya.

Saat disinggung pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora, Jokowi belum memberi jawaban pasti. RED