Pendidikan Jadi Faktor Dasar agar Kasus Wowon Serial Killer Tidak Terulang

Tama S. Langkun

JAKARTA, Dekannews - Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Tama S. Langkun turut prihatin atas korban Wowon Serial Killer. Diketahui, dalam kasus ini, setidaknya terdapat sembilan korban.

Tama menyebutkan, agar kasus serupa tidak terulang yang perlu menjadi perhatian adalah terkait pendidikan. Menurutnya, kasus ingin kaya dengan melipatgandakan uang sudah beberapa kali terjadi.

"Perkara Wowon misalnya, bisa-bisanya ada orang yang percaya kalau dia punya uang bisa digandakan," kata Tama dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Selasa (31/1/2023).

"Artinya apa? Motifnya selain ilmu hitam juga soal kepercayaan masyarakat yang rasionalitasnya belum terbangun dan saya sangat yakin itu sangat erat kaitannya sama pendidikan," sambungnya.

Tama menjelang, jika pendidikan masyarakat bagus, hal-hal seupa tidak akan terjadi. Menurutnya, dengan semakin baiknya pendidikan maka rasionalitas akan semakin baik sehingga sulit untuk mempercayai modus-modus penipuan berkedok melipatgandakan uang.

"Jadi kalau pendidikannya bagus saya rasa untuk percaya hal-hal seperti itu juga bisa diminimalisir," ucapnya. (tfk)