Pemerintah Terapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali Mulai 3 -20 Juli 2021

Presiden Joko Widodo-( Foto-Tangkapan Layar)

Jakarta, Dekannews- Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk Pulau Jawa dan Bali. Kebijakan tersebut mulai berlaku pada 3 Juni 2021 hingga 20 Juli 2021.  Pengumuman tersebut disampaikan oleh Presiden melalui Channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021).

"Setelah mendapat banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepa daerah, Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali," kata Jokowi.

Langkah ini ditempuh pemerintah dalam merespons lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan dan penyebaran varian baru virus corona. PPKM darurat ini meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat dari pada yang selama ini sudah berlaku.

Jokowi menegaskan sudah meminta Menteri Koordinator Meninves untuk menerangkan sejelas-jelasnya secara detail mengenai pembatasan secara terperinci tentang bagaimana pengaturan PPKM darurat ini dapat diterapkan pada masyarakat.

“Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi pengaturan ini demi keselamatan kita semuanya,” ujarnya.

Pemerintah, kata Jokowi, akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran Covid-19, mulai dari negara aparat negara TNI, Polri, aparatur sipil negara, dokter, dan tenaga kesehatan harus bahu membahu dan bekerja sebaik-baiknya untuk menangani wabah Covid-19. Jajaran Kementerian Kesehatan juga diminta untuk terus meningkatkan fasilitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, dan tangki oksigen.

 Lebih lanjut Joki meminta agar  seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19.

“Dengan kerjasama yang baik dari kita semua dan ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, Saya yakin kita bisa menekan penyebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat,” punkas Jokowi. (nto)

 

..