Pemain Inggris Dukung Ganda Putri Indonesia Berprestasi Di Kejuaraan Dunia 2022

Pemain Ganda Putri Inggris Lauren Smith. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Absen dalam ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis, pebulutangkis asal Inggris, Lauren Smith tetap  bersemangat untuk menyaksikan dan mengikuti perkembangan ajang tersebut. Bahkan mendukung Indonesia di nomor ganda putri untuk menang.  

"Saya yakin bakal ada perubahan (juara) tahun ini dengan adanya pasangan dari Indonesia yang brilian," sebut Lauren Smith dalam komentar Instagram Gill Clark yang membagikan statistik ganda putri di kejurdun.  

Berbeda dengan ganda putra selalu mendominasi di kompetisi internasional, sektor ganda putri memang bukan kekuatan di semua ajang terutama di Kejuaraan Dunia.  

Sepanjang sejarah ajang tersebut, prestasi ganda putri Indonesia kurang mengkilat. Prestasi terbaik hanya bisa memenangkan dua perak dan perunggu tanpa sekalipun menggengam emas.  

Ajang Kejuaraan Dunia menjadi kompetisi yang didominasi dan hanya dimenangkan ganda putri yakni Jepang, Korea Selatan, dan Inggris.   

China jadi yang paling mendominasi dengan 21 podium tertinggi termasuk kala mencatatkan rekor tidak terkalahkan di 14 edisi sekaligus sejak 1997 hingga 2017.  

Namun, Smith yang merupakan atlet ganda putri dan ganda campuran meyakini jika dominasi China di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 bisa dipatahkan oleh pesaing lain.  

Pada ajang Kejuaraan Dunia kali ini, Indonesia hanya mengirim dua pasangan yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan keduanya bukan unggulan.  

Seharusnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga bisa ikut serta ke Jepang, namun nama pertama telah memutuskan untuk gantung raket alias pensiun beberapa waktu lalu. (Zat)