Pekan Isra Mi’raj Masjid Al Mukarromah Berikan Ceramah Pelayanan Jenazah di Masjid

Pelayanan jenazah Masjid Al Mukaromah (ist)

Jakarta,Dekannews–Pekan Isra Mi’raj Masjid Al Mukarromah memberikan ceramah pelayanan jenazah di Masjid selama penyelenggaran kegiatan Isra Mi’raj. 

Kegiatan diselenggarakan pada hari Kamis 23 Februari 2023 Pukul 14.30 di halaman Mesjid yang berada di Jl. Mangga, Koja, Jakarta Utara. 

Pemantauan media terhadap kegiatan pekan Isra Mi’raj hari ketiga 22 Februari 2023 selain kegiatan bazaar dan hiburan marawis juga ada pelayanan jenazah Masjid Al Mukarromah ada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang membuka program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) buat pedagang kecil dan mikro. 

Lembaga ini bernama LPH P3JPH yang turut membuka stand pada Bazaar di Masjid Jami' Al Mukarromah mulai tanggal 20 Februari s/d 23 Februari 2023.

Di stand ini mereka menerima pengajuan pendaftaran serta konsultasi bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk 
sertifikasi halal. Ada petugas Achmad Fadli selaku verifikator PPH yang turut hadir menjaga stan bersama anggotanya. 

Selain pendaftaran melalui petugas juga pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui ptps.halal.go.id atau melalui aplikasi Pusaka yang dapat diunduh melalui Playstore.

"Kegiatan ini untuk memeriahkan Isra Mi’raj yang merupakan hari besar dalam kalender Islam. Masjid wajib mendorong agar hari-hari besar keagamaan Islam selalu mewarnai kehidupan dan masyarakat,"  ujar Ketua Umum Yayasan Masjid Al Mukarromah, Ramdansyah Bakir.

Mantan ketua Panwaslu DKI Jakarta ini adalah Ketua Umum Yayasan. Ramdansyah baru diangkat pada bulan Desember 2023. 

Ia menjadi pengurus masjid untuk periode 2023 sd 2028..Ramdansyah menjelaskan bahwa kegiatan sudah dibuka oleh Ir. H. Kamrussamad, ST, MSi pada hari Senin, 20 Februari 2023. 

Kamrussamad bertindak sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat 
Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA). Lembaga ini tengah membangun sinergi dengan masjid dan Koperasi Pegawai Bulog (Kopel) Pusat yang diketuai Drs. Fatah Yasin. 

Tidak hanya musik dan bazaar tetapi juga kegiatan kesehatan diberikan gratis kepada masyarakat.

Bidan Hilda yang menjadi koordinator unit kesehatan Yayasan Al Mukarromah memberikan pelayanan cek tensi 
darah dan gula darah gratis. 

Stand Pameran ini berada di selasar pintu masuk masjid. Dari unit kesehatan 
ini pada hari kamis, 23 Februari 2023 pukul 12.30 akan mengadakan penyuluhan kesehatan untuk umum. 

Adapun pembicaranya adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Herlina SpPD. Kegiatan ini kerjasama 
antara masjid dengan klinik Hilda. 

Di panggung tampak peserta lomba pidato Isra Mi’raj dengan bahasa daerah tampil. Masjid mengadakan perlombaan pidato Isra Mi'raj dengan bahasa daerah dengan kategori SD, SMP, SMA dan Umum. 

Perlombaan dimulai sejak sejak 15 Februari hingga 24 Februari mendatang di Sekretariat Mesjid Al Mukarromah, Koja, Jakarta Utara. Mereka para peserta lomba memiliki waktu maksimal 5 menit dan 
wajib mengutip ayat Al Q'uran tentang Isra Mi'raj.

"Kategori SD, SMP dan SMA itu pidato langsung di mesjid, Untuk Umum, mengirimkan video via online," ujar Ramdansyah.

Ramdansyah mengungkapkan bahwa kegiatan Isra Mi’raj akan berlangsung hingga tanggal 24 Februari 2023. Acara penutupan dalam bentuk Ceramah Isra Miraj Habib Ahmad Mujtaba bin Shahab. 

Pada malam ini juga akan memberikan sambutan Ketua ICMI Provinsi DKI Jakarta A. Riza Patria selepas pelantikan Pengurus Yayasan Al Mukarromah Periode 2023 sd 2028 dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Mukarromah Periode 2023 sd 2026.(tfk)