Patroli Malam Dialogis Polsek Kepulauan Seribu Selatan di Pulau Tidung: Waspada Hoax dan Paham Radikal Pasca Pemilu 2024

Pelaksanaan patroli malam dialogis di Pulau Tidung

Dekannews, Jakarta - Polsek Kepulauan Seribu Selatan, yang merupakan bagian dari Polres Kepulauan Seribu, kembali melaksanakan kegiatan Patroli Malam Dialogis di Pulau Tidung pada Jumat (23/02/2024). Kegiatan rutin ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara aparat keamanan dengan masyarakat, serta memberikan himbauan dan penyuluhan tentang berbagai isu keamanan dan ketertiban.

Dalam patroli malam tersebut, Kapolsek AKP Sugianto secara langsung menyampaikan pesan kepada warga terkait dengan pentingnya waspada terhadap berita palsu atau hoax, serta bahaya paham radikal yang dapat mengganggu kedamaian dan keamanan di lingkungan mereka. Ia juga menjelaskan tentang upaya cooling system pasca-Pemilu 2024, di mana pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan pilihan politik.

"Kami mengajak seluruh warga untuk tidak terprovokasi oleh berita yang belum jelas kebenarannya dan waspada terhadap paham radikal yang bisa merusak kedamaian kita. Pasca-Pemilu, mari kita bersama-sama menjaga kebersamaan dan tidak terpecah belah oleh perbedaan pilihan politik," kata Kapolsek Sugianto.

Selama patroli malam dialogis, petugas juga memberikan himbauan kepada warga agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, serta tidak mudah menyebarkan informasi tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu. Selain itu, warga juga diingatkan untuk segera melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan atau mengancam keamanan melalui nomor hotline yang telah disediakan.

Kegiatan Patroli Malam Dialogis ini diharapkan dapat menjadi langkah preventif dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Pulau Tidung, serta memperkuat sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk bersama-sama menjalani aktivitas sehari-hari. (tfk)