“Panen Subuh" Inovasi Polsek Metro Penjaringan Dorong Masyarkat Sholat Subuh Berjamaah


Dekannews, Jakarta – Sebuah program unik dan inspiratif digagas oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Kapuk Muara, Polsek Metro Penjaringan, Aipda Hasanudin. Melalui program bertajuk "Panen Subuh,"  warga diajak untuk lebih rajin melaksanakan sholat Subuh berjamaah di Masjid dan Mushola. Usai beribadah, jamaah mendapat apresiasi berupa aneka sayuran mentah yang dapat dibawa pulang

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Aljihad, Jl. Kapuk Muara Penjaringan, Jakarta Utara tersebut selain meningkatkan keimanan juga bertujuan untuk membiasakan warga bangun pagi dan melaksanakan ibadah Subuh berjamaah secara rutin. 

Selain itu juga Program ini dilaksanakan dalam rangka cooling system menjelang Pilkada 2024, guna menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis di tengah masyarakat.

”Kegiatan ini kami lakukan agar menumbuhkan semangat masyarakat untuk melaksanakan ibadah sholat subuh berjamaah di Masjid dan Mushola,” ucap AKP Sugiharto PS Kanit Binmas Polsek Metro Penjaringan. Rabu (23/10/2024).

Dikesempatan yang sama Kapolsek Metro Penjaringan, Kompol Agus Ady Wijaya, juga menekankan pentingnya program ini. 

“Program Panen Subuh adalah langkah baik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ibadah. Dengan semakin banyak warga yang melaksanakan sholat Subuh, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman,” ucapnya saat dikonfirmasi Rabu (23/10/2024).

Diapun mengatakan dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi wilayah-wilayah lain. 

"Kami berharap program ini bisa diadopsi di wilayah lain, sehingga lebih banyak warga yang merasakan manfaatnya, semoga dengan panen subuh, semuanya mendapatkan panen manfaat, panen pahala keimanan, dan panen keamanan yang semakin kondusif. ” pungkasnya.


Program "Panen Subuh" inipun mendapat respon positif dari warga. Kehadiran jamaah di Masjid dan Mushola semakin meningkat, serta interaksi antara aparat Kepolisian dan masyarakat juga semakin erat.

“Terimakasih, Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan,” harap Ustad Lutfi Anshori, DKM Masjid Aljihad. (tfk)